Menjaga Kesehatan Kulit dengan Perawatan Kulit Terbaik

Kulit adalah organ yang paling besar di tubuh manusia. Lapisan terluar kulit memiliki nama epidermis. Epidermis merupakan bagian yang memiliki peran penting sebagai pelindung kulit dari berbagai macam faktor perusak yang berasal dari luar tubuh. di balik adanya epidermis, ada lapisan dermis yang disebut lapisan tengah kulit. Di jaringan epidermis terdapat 3 sel pendukung seperti keratinocyte, melanocyte, langerhans. Sedangkan lapisan dermis terdapat protein collagen serta elastic yang bisa memberi struktur serta membantu kelenturan kulit sehingga bisa terlihat serta. Lantas bagaimana cara melakukan perawatan kulit?

Sebenarnya, selain pertambahan usia, faktor lingkungan juga mempengaruhi perubahan kulit, apalagi dampaknya untuk proses alami penuaan kulit. Ahli kulit sehat menyatakan bila sinar matahari menjadi penyebab utama adanya kerusakan kulit karena adanya kandungan sinar ultraviolet serta radikal bebas. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dari matahari pada dasarnya bisa merusak seperti efeknya yang bisa merusak collagen serta elastisin. Elastisin merupakan protein di dalam jaringan kulit yang membuat kulit merasa lembut serta terlihat kenyal. Sinar UV memiliki dampak di proses pigmentasi kulit. Efek negatif dari sinar UV bis amemicu keriput, bintik cokelat hingga pertumbuhan kanker kulit.

Ahli kulit sehat menyatakan jika masih ada faktor dari lingkungan yang lainnya, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti paparan bahan kimia yang bisa menimbulkan iritasi serta alergi kulit. Lebih dari tiga ribu allergen serta bahan iritatif yang berada di sekitar kita. Hal ini menimpa orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Sebagai akibatnya, kulit menjadi berwarna merah. Cara yang paling mudah untuk melindungi kulit ialah menghindari kontak dengan bahan allergen seperti dengan menggunakan pelindung tubuh serta mengganti produk perawatan kulit yang tidak menimbulkan bahan iritasi kulit.

Baca Juga:  Hal yang Sering Dilupakan Saat Melakukan Perawatan Wajah

Perawatan untuk kulit yang sehat dan alami bisa dilakukan dengan pengonsumsian buah-buahan serta sayur-sayuran yang memiliki kandungan antioksidan seperti brokoli, buah beri, wortel serta bayam. Produk antioksidan seperti vitamin E dan C juga sangat baik untuk penjaga kesehatan kulit. Lebih jauh lagi, agar bisa menghindari kerusakan kulit karena faktor buruk lingkungan, harus dilakukan upaya perawatan dengan menggunakan produk yang bisa mendukung kulit tetap bersinar dan sehat.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan perawatan kulit dengan rutin, seperti:

  • Rutin melakukan pembersihan wajah, paling tidak 2 kali dalam sehari. Pastikan Anda menghapus riasan di malam hari. Gunakan pembersih yang lembut serta tidak memiliki kandungan pewangi dan deterjen. Gunakan pembersih wajah yang memiliki bahan alami,
  • Gunakan produk pelembab, bukan hanya untuk pemilik kulit kering, namun gunakan produk ini untuk kulit berminyak,
  • Konsumsi makanan dengan kandungan yang sehat serta hindari stress yang berkepanjangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *