Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil 7 Bulan di awal Kehamilan, Apakah Boleh?

( Foto : Mencegah Penyakit )

 

Berbagai upaya dilakukan para ibu yang sedang hamil untuk menjaga asupan makanannya demi menjamin kesehatan janinnya. Menghindari kudapan kurang sehat dan mengganti semua asupannya menjadi asupan yang bernutrisi baik. Bahkan tidak hanya ketika masa kehamilan, usaha terbaik seorang ibu akan diteruskan ketika sudah melahirkan dengan mengkonsumsi makanan untuk ibu menyusui demi memastikan produksi ASI dapat berjalan secara maksimal, dan usaha-usaha ibu lainnya yang terus berkembang seiring tumbuh kembang anak.

Cek 5 makanan pelancar ASI di link ini https://review.bukalapak.com/mom/biar-asi-banyak-ini-5-makanan-pelancar-asi-yang-wajib-dikonsumsi-18790.

Di masa kehamilan satu asupan yang sangat penting untuk melengkapi nutrisi ibu dan janin adalah susu. Saat ini terdapat beberapa produk susu dengan keunikannya masing-masing, walaupun sebenarnya setiap produk pasti memiliki kandungan nutrisi standar yang dibutuhkan ibu hamil, seperti asam folat, kalsium, vitamin, dan zat besi. Namun apakah ada perbedaan produk susu ibu hamil usia awal kehamilan dengan susu ibu hamil 7 bulan?

 

Sebelum berlanjut ke pembahasan lebih lanjut, pertama-tama kita akan membahas mengenai kandungan standar yang ada di susu ibu hamil, yaitu

  1. Asam Folat

Asam folat biasa disebut juga dengan Vitamin B9, merupakan kandungan nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil. Kandungan ini berfungsi untuk mencegah kerusakan tabung saraf bayi yang bisa menyebabkan cacat janin. Selain itu asam folat juga berperan dalam membentuk sel darah merah normal sehingga mampu mencegah anemia.

  1. Kalsium

Kebutuhan kalsium pada ibu hamil adalah 1000 miligram per hari atau setara dengan satu gelas susu, 1-2 lembar keju, ikan salmon dengn tulangnya, dan makan sumber kalsium lainnya. Fungsi nutrisi ini adalah untuk mencegah keracunan pada ibu hamil, membantu pembentukan tulang dan gigi janin, serta menguatkan tulang sang ibu.

  1. Vitamin

Vitamin yang sangat dibutuhkan ibu hamil adalah Vitamin D dan B Kompleks. Vitamin D dapat membantu para ibu dalam menyerap kalsium. Sedangkan vitamin B kompleks yaitu B1, B2, B3, B6, dan B12 bermanfaat dalam meningkatkan energi ibu hamil, menjadikan penglihatan lebih baik, memberikan kesehatan kulit, saraf dan pencernaan, membantu pembentukan sel darah merah, serta mencegah cacat lahir pada bayi.

  1. Zat Besi

Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil adalah 30 miligram per hari. Fungsinya adalah untuk membentuk sel darah merah ibu dan janin, membentuk sistem enzim pada ASI dan memperkuat kehamilan.

( Foto : Soy Milk Quick )

 

Untuk susu ibu hamil yang dikonsumsi di awal masa kehamilan atau trimester pertama, asupan yang paling dibutuhkan adalah asam folat yang tinggi dengan dosis yang dibutuhkan sebanyak 400 mikrogram per hari. Selain itu, pada trimester pertama kehamilan, para ibu disarankan menghindari mengkonsumsi susu kedelai. Hal ini dikarenakan kandungan isoflavone yang merupakan bahan kimia yang mirip dengan hormon estrogen. Hormon estrogen diketahui menyebabkan kontraksi pada rahim sehingga meningkatkan risiko keguguran.

Saat kehamilan memasuki trimester kedua dan trimester ketiga, asupan yang paling dibutuhkan adalah kalsium dan zat besi. Kedua nutrisi ini dibutuhkan untuk mencegah sang ibu kehilangan densitas dari tulangnya karena kalsium tersebut digunakan untuk pertumbuhan tulang janin. Zat besi dibutuhkan untuk ibu hamil untuk membawa oksigenĀ  dalam darah oleh sel darah merah.

Berbeda dengan trimester pertama, di masa ini ibu hamil sudah bisa mengkonsumsi susu kedelai, karena keadaan rahim dirasa sudah cukup kuat sehingga sudah siap menerima nutrisi bermanfaat dari susu kedelai tanpa takut keguguran.

Jadi sebaiknya Anda menyesuaikan jenis susu yang cocok untuk dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan usia kehamilan Anda ; apakah susu ibu hamil 1 bulan, susu ibu hamil 4 bulan, atau susu ibu hamil 7 bulan, yang pasti cek dulu kandungannya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *