Mengeksplor Wisata Alam Coban di Malang

Kota Malang memiliki cuaca yang sejuk, dengan pemandangan alamnya yang indah. Jika Anda mengunjungi kota ini, dijamin akan puas mengeksplor perkotaan dan wisata kulinernya. Salah satu wisata alam yang menjadi andalannya adalah banyak air terjun yang unik nan eksotis. Di Malang, nama air terjun biasa disebut coban. Berikut ini adalah alternatif coban yang wajib untuk dikunjungi.

Mengeksplor Wisata Alam Coban di Malang

Coban Kethak

Coban Kethak adalah sebuah air terjun yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kediri, tepatnya berada di kawasan Perhutani. Aliran airnya berasal dari Sungai Lanang hingga menuju ke Kediri. Air terjun ini merupakan salah satu spot wisata alam yang sering dikunjungi oleh masyarakat lokal Malang maupun Kediri. Baru di tahun 2014, Coban Kethak dibuka sebagai tempat wisata dengan harga tiket masuk Rp 5,000.-.

Coban Tundo

Di Malang Selatan, ada sebuah air terjun yang memiliki tiga tingkatan, yakni Coban Tundo. Tepatnya di Desa Sumbermanjing Wetan. Untuk masuk ke area air terjun, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Spot ini menjadi favorit wisatawan yang datang karena Anda bisa mencoba menguji adrenalin dengan melompat dari tebing yang cukup curam.

Coban Ciblungan

Air terjun yang satu ini merupakan air terjun yang menjadi satu dengan sungai. Air yang jatuh mengalir langsung ke sungai-sungai yang ada di bawahnya. Airnya sangat deras meski tidak setinggi air terjun yang lainnya. Selain itu, air terjun ini juga cukup dangkal sehingga cocok untuk berenang berendam, ataupun bermain air di bawahnya.

Coban Rondo

Coban Rondo adalah satu diantara banyak air terjun yang sangat popular di Malang. Untuk masuk ke area ini bahkan pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket seharga Rp 15,000.- untuk wisatawan lokal, dan Rp 25,000.- untuk wisatawan asing. Letaknya berada di Jalan Coban Rondo, Pandesari, Batu, Malang. Yang mejadi daya tarik air terjun ini adalah adanya berbagai wahana outbond seperti flying fox, labirin, dan lainnya.

Coban 7 Pujon

7 Pujon dalam bahasa Jawa memiliki arti 7 sumber. Maka, Coban 7 Punjo adalah berupa 7 air terjun yang lokasinya berdekatan meneduhi dinding tebing yang lebarnya hingga 50 meter. Untuk menyaksikan keunikan 7 air terjun ini, pengunjung diwajibkan membayar Rp 10,000.- untuk tiket masuk.

Coban Pelangi

Coban Pelangi adalah air terjun yang sangat popular di kalangan pendaki Gunung Semeru. Hal ini tentu karena lokasinya yang memang berada di kawasan jalur pendakian Gunung Semeru. Coban Pelangi terletak di ketinggian 1400 mdpl dan untuk memasuki kawasannya pengunjung dikenai biaya Rp 6,000.-.

Coban Talun

Wisata alam murah lain yang bisa Anda kunjungi adalah Coban Talun. Coban ini terletak di bumi perkemahan di lereng Gunung Arjuna, Desa Tulung Rejo atau 15 km dari pusat kota Malang. Untuk masuk ke kawasan air terjun, pengunjung hanya diwajibkan membayar Rp 5,000.- saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *