Menambah Berat Badan Menjadi Ideal dengan Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Jangan salah, memiliki berat badan yang ringan tidak menyenangkan. Hal ini bisa menjadi persoalan bila penyebabnya ialah kekurangan nutrisi atau memiliki penyakit tertentu. Apalagi jika kondisi tersebut akan memburuk saat Anda sedang mengandung. Tetapi, terdapat cara sehat yang bisa Anda lakukan agar bisa menambah berat badan, seperti dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

Cara yang paling baik untuk meningkatkan berat badan bergantung dari penyebab berat badan berkurang. Sehingga, sebelum memulai program untuk meningkatkan berat badan, lebih baik Anda memeriksa terlebih dulu apakah berat badan Anda berada di bawah normal atau tidak, bila berat badan Anda kurang dari seharusnya, bisa jadi Anda memerlukan penanganan medis. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan berat tubuh kurang dari normal seperti kelenjar tiroid yang terlalu aktif, penyakit coeliac yang membuat tubuh tidak dapat menyerap nutrisi makanan, gangguan makanan. orang yang mengidap penyakit tersebut memerlukan pengobatan dari dokter bila dibutuhkan.

Terlepas dari gangguan di atas, bila Anda ingin menaikkan berat badan, Anda bisa mengkonsumsi makanan bergizi dan melakukan pola hidup seperti:

  • Memilih makanan yang kaya akan kandungan nutrisi. Cara paling baik untuk mendapatkan badan yang lebih berisi tidak dengan mengkonsumsi sebanyak mungkin makanan kaya lemak dengan kadar gula yang tinggi, namun dengan nutrisi yang tepat,
  • Makan dengan tempo yang lebih sering. Orang yang kekurangan berat badan akan merasa sering kenyang dibandingkan dengan makan dua sampai tiga kali dalam sehari dengan porsi besar. Lebih baik makan 5 sampai 6 kali sehari dengan porsi yang lebih kecil,
  • Konsumsi smoothies atau jus. Smoothies ialah minuman dengan bahan dasar buah yang dicampur dengan yoghurt dan susu. Jangan mengkonsumsi minuman yang bersoda seperti susu dan kopi,
  • Minum ketika makan. Minum banyak air sebelum makan bisa membuat perut menjadi terasa kenyang, lebih baik Anda minum di tangan makan, sehingga tubuh akan semakin banyak menyerap kalori.

Baca Juga: Makanan Bergizi yang Cocok untuk Cemilan Sehat

Sakit dalam waktu lama atau kehilangan nafsu makan bisa membuat berat badan menjadi semakin menurut. Padahal, di masa ini, tubuh paling memerlukan dengan kalori yang cukup sehingga tubuh bisa kembali pulih dengan cepat. Ada beberapa makanan yang mudah dicerna dan sehat untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti bubur dan sayur, telur rebus, sup ayam dan yang lainnya.

Selain berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi, di pasaran ada begitu banyak suplemen untuk meningkatkan berat badan. Namun, apakah produk tersebut aman untuk dikonsumsi? Suplemen vitamin tidak efektif bila Anda tidak mengimbanginya dengan makanan sehat dan rajin melakukan olahraga, bahkan suplemen bisa memberikan resiko buruk untuk kesehatan, tetapi bila Anda berminat untuk mengkonsumsi suplemen, pastikan produk sudah terdaftar di BPOM.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *