Masakan Jawa Tengah Enak Tanpa Risiko

Readers sering baca-baca artikel kesehatan ga belakngan ini? Duh kalau baca-baca artikel kaya gitu mimin tuh suka serem sendiri loh readers. Apalagi mimin doyan makan dan makanannya yang enak-enak dan berminyak pasti mancap dah apalagi kalau lagi kumpul-kumpul keluarga di rumah. Bawannya tuh ingin makanan enak kaya seafood, goreng-gorengan makanan yang manis-manis. Atau makanan lainnya yang kata orang ga sehat. Duh tapi gimana dong mimin galau banget nih readers. Tapi tenang semua readers, walaupun ditengah kegalauan mimin yang doyan makan dan takut sakit ini mimin akan memberikan solusi kepada readers untuk dijadikan referensi pilihan makanan readers di rumah yo. Dan apakah itu.. jeng..jeng..jeng.. yash! Mimi ingin share cara membuat tongseng ayam tanpa santan. Waduh-waduh, readers jangan meragukan resep mimin yo. Begini-begini mimin wong Jowo. Ndak percaya? Yuk cekidot aja!

Eitts..! tapi tunggu nih readers kita pause dulu masak tongseng ayamnya. Mimin kudu ngasih tahu dulu nih kenapa mimin pilih resep anti mainstream tongseng ayam tanpa santan. Ternyata selain manfaat yang dimiliki oleh santan ada juga loh dampak kurang baiknya apabila dikonsumsi secara berlebihan seperti:

  1. Gangguan pencernaan

Kalau readers makan santan kebayakan perutnya bisa kembung dan terganggu loh pencernaannya. Karena santan mengandung lemak dan minyak yang kalau dikonsumsi berlebihan bisa bahaya untuk tubuh.

  1. Iritasi tenggorokan

Yah kalau minyak-minyak udah pasti bikin tenggorokan cepet serak ya readers. Atau lebih parah lagi bisa iritasi.

  1. Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak tapi kurang baik untuk kesehatan. Yo, jadi kalau makan santan kebanyakan ya kolesterol lah readers. Dan kolesterol ini paling ditakutin lebih dari hantu loh readers hihihi.

  1. Penyakit jantung

Penyakit jantung sendiri akibat dari tingginya kolesterol.

  1. Kram otot

Masih sama karena dampak kolsterol kalau Kram otot dampak dari tingginya kolesterol yang menimbulkan plak-plak dipembuluh darah dan menjadi tersumbat. Sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

  1. Stroke

Mirip siklus kram otot, tapi stroke adalah dampak dari tingginya lemak yang mengakibatkan aliran darah ke otak tersumbat sehingga terjadilah stroke.

Oke sekarang setelah mimin hantui readers dengan bahaya santan, mimin akan share resep tongseng ayam tanpa santan tadi. Sekarang siapkan senjata kita readers, start from:

  • Serai 2 btg
  • Air 500 ml
  • Ayam 1 ekor
  • Daun salam 2 lbr
  • Garam
  • Merica halus
  • Gula pasir

Bumbu halus :

  • 12 butir Bawang merah
  • 8 butir Kemiri sangrai
  • 2 sdt Ketumbar butiran
  • 10 buah (boleh sesuaikan dengan selera keluarga) Cabai merah keriting
  • 6 siung Bawang putih

Bahan pelengkap :

  • 100 gram Kol segar
  • 3 sdm Bawang merah goreng
  • 10 buah (boleh sesuaikan dengan selera keluarga)Cabai rawit merah
  • 4 buah Tomat merah
  • 2 sdmKecap manis

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Siapkan wajan panas dengan api sedang, kemudian masukan minyak gorengĀ  3 sdm.
  2. Tumis bumbu halus yang telah disiapkan, dan aduk hingga rata.
  3. Masukan rempah-rempah seperti daun salam dan batang serai. Aduk dan tunggu hingga aroma rempah-rempah tercium harum.
  4. Masukan potongan ayam. Tunggu hingga warna daging ayam menjadi pucat dan kaku.
  5. Masukan air, kemudian tunggu hingga ayam menjadi empuk.
  6. Tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk.
  7. Masukan sayur-sayuran yang telah diiris kasar.

Masakan Jawa Tengah Tongseng ayam tanpa santan siap dihidangkan! Selamat mencoba di rumah readers.

https://review.bukalapak.com/amp/food/resep-tongseng-ayam-ini-sedap-and-pedasnya-menggigit-di-lidah-15378

Gambar oleh: notepam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *