Manfaat Daun Katuk: Mulai Daun Katuk untuk Asam Urat Hingga untuk ASI

Kita pati tidak asing dengan tanaman katuk. Daun dari tanaman katuk ini banyak diburu oleh para ibu menyusui karena dianggap bisa membantu untuk meningkatkan produksi ASI. Daun katuk untuk ASI biasanya dikonsumsi dengan cara direbus dan kemudian dimakan daunnya. Tanaman yang memiliki nama latin Sauropus androgynus L.Merr. ini sebenarnya tidak hanya memiliki manfaat daun katuk untuk ibu menyusui, namun juga memiliki manfaat lainnya.

Penasaran apa saja manfaat daun katuk? Berikut beberapa di antaranya

Anti diabetes

Penelitian yang dilakukan oleh Hamidun Bunawan dan beberapa rekannya dari Universiti Kebangsaan Malaysia menunjukkan bahwa daun katuk memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah sebagai antidiabetes. Sedangkan pada penelitian lain dikatakan bahwa daun katuk mampu memiliki pengaruh terhadap indeks glukosa tubuh. Penelitian tersebut mengemukakan bahwa dengan rutin mengonsumsi daun katuk, akan menurunkan indeks glikemik tubuh dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi daun katuk. Dengan landasan penelitian ini, daun katuk memiliki potensi besar untuk digunakan sebagai bahan herbal untuk pengendali diabetes.

Pelancar ASI

Sudah menjadi rahasia umum bahwa daun katuk sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Daun katuk memiliki kandungan sterol yang mampu merangsang prolactin untuk menambah produksi ASI. Tidak hanya itu, terdapat sejumlah senyawa penting yaitu hormon steroid yang bisa merangsang hormon progesteron, estrogen, serta lainnya yang juga berguna untuk ASI.

Baik untuk ibu hamil

Daun katuk selain digunakan untuk ibu menyusui, juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daun katuk memiliki senyawa yang bernama phytochemical. Phytochemical ini akan merangsang hormon hormon steroid seperti progesteron, testosteron, estradiol, dan glukokortikoid. Semuanya ini baik untuk menjaga keseimbangan hormonal ibu hamil yang cenderung fluktuatif.

Meningkatkan kualitas sperma

Ternyata tidak hanya memiliki khasiat untuk kaum hawa saja, daun katuk ternyata juga berperan penting bagi kesuburan pria. Ya, daun katuk dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Dengan rutin mengonsumsi daun katuk, kesempatan untuk memiliki keturunan akan semakin besar.

Obat daya tahan tubuh

Daun katuk kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dalam daun katuk pun terdapat kandungan vitamin C yang memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta berfungsi sebagai antioksidan alami yang kaya akan polifenol. Efek daun katuk sebagai antioksidan ini sangat penting untuk menghindarkan tubuh dari bahaya penyakit kanker. Selain itu, manfaat daun katuk untuk asam urat juga banyak yang telah merasakan efek baiknya. Daun katuk memiliki kandungan kalsium pula yang baik untuk kesehatan tulang serta menjauhkan dari osteoporosis.

Anti Inflamasi

Daun katuk juga bisa digunakan untuk mengobati peradangan atau sebagai agen anti inflamasi. Kandungan etanol dalam daun katuk lah yang akan meredakan pembengkakan akibat dari peradangan. Hal ini pula yang menjadikan daun katuk untuk asam urat. Orang dengan asam urat akan cenderung merasa nyeri sehingga ketika mengonsumsi daun katuk, menjadi berkurang nyerinya.

Itu dia beberapa manfaat dari daun katuk yang memiliki peran besar terhadap kesehatan tubuh kita. Daun katuk ini selain bisa dimasak langsung menjadi olahan masakan, saat ini juga sudah banyak yang membuatnya menjadi bentuk tablet atau kapsul. Hal ini untuk menjawab kebutuhan yang tinggi untuk daun katuk ini, namun ingin dalam bentuk praktis. Khasiatnya pun tetap sama karena melalui proses teknologi modern sehingga ekstrak dan efek penting lainnya tidak akan hilang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *