Makanan Sehat yang Terbukti Memperbaiki Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan merupakan sistem organ yang sangat berpengaruh akan kesehatan manusia. Saluran pencernaan sendiri meliputi beberapa organ penting seperti kerongkongan, lambung, usus kecil dan usus besar. Jika salah satu organ mengalami gangguan kesehatan maka bisa mempengaruhi pola makan karena pastinya orang tersebut akan mengalami penurunan nafsu makan dan bisa menyebabkan gangguan sakit yang lebih berbahaya. Karenanya, sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bisa menjaga sistem pencernaan.

Saat ini banyak jenis makanan yang diklaim dapat meningkatkan fungsi saluran cerna. Namun kebanyakan jenis makanan komersil tersebut justru telah mengalami pengolahan kimia yang bisa jadi berefek buruk karena mengandung bahan pengawet atau perasa buatan. Dalam menjaga kesehatan saluran cerna dari makanan, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan dalam keadaan alami, agar tidak menambah konsumsi makanan kimia yang pastinya buruk bagi kesehatan saluran cerna dan kesehatan manusia pada umumnya.

Sebenarnya, jenis makanan yang baik untuk menjaga pencernaan tak harus makanan modern yang mahal dan dibuat oleh pabrik makanan atau obat. Anda bisa mendapatkan makanan yang menyehatkan untuk saluran pencernaan dan telah dibuktikan secara turun-temurun. Baiknya lagi, jenis makanan ini juga tak terlalu mahal bahkan ada yang bisa didapatkan dengan sangat mudah. Apa saja jenis makanan yang termasuk makanan alami dan sehat untuk menjaga kesehatan pencernaan, berikut ini daftarnya.

  1. Kunyit
    Kunyit merupakan rempah-rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Kunyit juga merupakan bumbu dapur dan bahan obat untuk batuk anak-anak. Selain dari pada itu, kunyit memiliki manfaat digestive yaitu memperlancar penyerapan di usus besar sehingga baik dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan usus. Pastinya kunyit adalah bahan alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Cara konsumsinya pun sederhana yaitu bisa dengan menambahkannya pada masakan atau mengekstraknya sehingga menjadi jamu cair.
  2. Oat
    Oat merupakan olahan gandum yang banyak mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan. Oat juga sudah dikenal sebagai makanan sehat yang kaya akan protein, rendah lemak dan kolesterol sehingga kerap digunakan sebagai menu sarapan atau makanan bagi pasien dengan kondisi kesehatan tertentu seperti penderita infeksi usus atau pasien gula darah tinggi. Oat bisa diperoleh dengan mudah di supermarket maupun situs belanja online terpercaya. 
  3. Bawang putih.
    Akhir-akhir ini bawang putih menjadi terkenal karena ternyata di dalamnya terkandung bahan antibiotik alami yang baik untuk menjaga kesehatan. Bawang putih kini banyak yang dibuat ekstrak atau memakannya secara langsung bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan termasuk pada infeksi saluran pencernaan. Bagi Anda yang hanya ingin mengkonsumsi sebagai bahan makanan penjaga sistem cerna, sebaiknya menambahkan bawang putih pada masakan dalam jumlah yang lebih banyak. Cara lain adalah dengan menumbuknya dan mengoleskannya pada perut yang biasa dilakukan untuk anak-anak.

Itulah beberapa bahan makanan sehat yang sebaiknya rutin dikonsumsi bagi Anda yang ingin memiliki sistem pencernaan dalam kondisi optimal. Sistem pencernaan sangat erat kaitannya dengan kesehatan manusia sehingga sangat dianjurkan untuk menjaganya melalui konsumsi makanan. Selain memperbanyak asupan makanan yang menyehatkan, juga perlu menghindari makanan yang kurang sehat seperti minuman berkarbonat, junk food, makanan dan minuman berpengawet serta makanan dan minuman yang terlalu pedas. Sayangilah tubuh Anda dengan berbagai cara salah satunya adalah menerapkan pola hidup sehat dari makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *