Kari, Pilihan Berbagai Olahan Ayam

Selamat akhir tahun semua. Akhir-akhir ini, jadwal kerja semakin padat ya. Nah, berhubung akhir minggu ini mimin ada waktu kosong, ingin rasanya berkumpul dengan keluarga besar. Tapi, you know, kalau berkumpul dengan keluarga besar artinya masak-masak dalam jumlah besar, juga hati yang dag dig dug khawatir masakannya gagal. Oleh karena itu, mimin akan mencoba membuat trial masakan yang akan disajikan ketika akhir minggu ini kumpul bersama keluarga besar. Setelah mencari ke sana ke mari, mimin menemukan sebuah resep yang cukup sederhana dan mimin optimis akan disukai oleh semuanya. Apakah dia? Mimin akan kasih clue dulu sebelum memberi jawaban. Pertama, makanan ini memiliki beberapa versi tergantung negaranya. Kedua, makanan ini kalau di Indonesia juga terkenal jadi temannya ketupat ketika Idul Fitri. Sudah tahu.. sudah tahu? Iya! Dia adalah kari ayam. Resep ini ternyata cukup mudah dan tidak telalu membutuhkan banyak usaha untuk membuatnya. Kalau konsep masaknya, mimin mah asalkan bahannya bagus dan fresh dapat dipastikan, walaupun gagal, makanannya akan memiliki rasa yang oke. Berbagai olahan ayam apa pun pasti jadi makanan yang lezat dimakan.

Kalau ngobrol-ngobrol soal kari, banyak juga loh versi lain tergantung negaranya. Misalnya, Jepang, karena belakangan, makanan Jepang cukup terkenal di Indonesia. Jadi, kari versi Jepang juga banyak dijual di Indonesia. Biasanya, kuah dari kari Jepang dibuat dengan kental rupanya ini ada asal-usulya loh. Kuah dari karinya sengaja dibuat kental karena pada zaman Meiji, makanan ini bisa dibawa melaut sehingga ketika berlayar di atas kapal mudah untuk tumpah. Oleh karena itu, dibuatlah versi kuah yang lebih kental supaya tidak mudah tumpah, walau terombang ambing di lautan. Beda lagi kalau kari yang berasal dari India. Biasanya, rasa rempahnya sangat kuat dan disajikan dengan roti. Selain itu juga, kari asal India biasanya diberi daging-dagingan supaya rasanya lebih mantap.

Setelah mengenal berbagai versi kari dari dua negara tadi, yuk kita coba rasa asli Indonesia dari Kari. Seperti biasa, siapkan bahan utama yang terdiri dari sayuran dan daging. Kemudian, siapkan bahan-bahan bumbu dan rempah yang menjadi kunci utama dari pembuatan kari ayam.

  • Dada ayam 1/2 kg
  • Wortel 2 batang ukuran sedang
  • Kol 500 gr
  • Kentang ukuran sedang 3 buah
  • Santan instan 1 bks
  • Salam, laos, sereh, daun jeruk (geprek)

Bahan halus :

  • Bawang merah 7 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Jari kunyit 1 ruas
  • Kemiri 2 buah
  • Ketumbar
  • Jinten

Langkah-langkah membuat kari ayam suwir:

  1. Didihkan air hingga 100o, kemudian rebus dada ayam sampai matang. Jangan sampai overcook karena nanti akan dihangatkan lagi dengan bumbu kari.
  2. Setelah ayam matang, segera suwir ayam dengan garpu dan buat santan rebus dengan api kecil.
  3. Kupas kentang, kemudian iris memanjang dan kecil seperti ukuran kentang mustofa.
  4. Haluskan semua bumbu halus yang telah disiapkan.
  5. Masukkan semua bumbu halus ke dalam santan rebus bersama dengan ayam, tambahkan air secukupnya. Silakan kurangi bagi yang suka dengan kuah yang kental, sedangkan yang kurang suka dengan bumbu yang kental bisa menambahkan air lebih banyak.
  6. Tunggu hingga mendidih. Baru masukkan sayuran.
  7. Goreng kentang hingga kuning kecokelatan.
  8. Setelah selesai, semua kari ayam suwir siap disajikan.

Membuatnya mudah dan bahan-bahannya mudah didapat. Untuk teman-teman, masukkan kentang gorengnya nanti ketika akan dimakan ya. Anggap saja sebagai bawang goreng gitu. Jadi, ada rasa crispy nya hihi.

Baca juga di sini https://review.bukalapak.com/food/resep-kari-ayam-ini-punya-cita-rasa-rempah-yang-sulit-ditolak-10989

Gambar oleh pixabay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *