Kandungan Kacang Almond yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Menyusui adalah kewajiban seorang ibu terhadap anaknya. Kebutuhan ibu menyusui memang berbeda dengan wanita umumnya, karena kebutuhan ibu juga untuk anaknya. Dengan menyusui eksklusif selama 6 bulan dan sampai usia anak menginjak 2 tahun, produksi ASI untuk anak harus maksimal. Hal tersebut karena makan utama bayi pada usia di bawah 6 bulan adalah full ASI. Salah satu bahan makanan yang berguna untuk memperbanyak produksi ASI adalah kacang almond. Kandungan kacang almond yang kaya akan vitamin dan mineral juga sangat membantu ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan nutrisnya. Produk kacang almond yang bisa menjadi pilihan ibu menyusui adalah susu almond. Manfaat susu almond untuk ibu menyusui sangatlah banyak, di antaranya adalah:

  1. Memperbanyak Produksi ASI

Pertumbuhan dan perkembangan anak akan sangat dipengaruhi oleh produksi ASI ibu. Agar produksi lancar, ibu bisa mengonsumsi susu almond. Dengan bentuk produk yang lebih praktis untuk dikonsumsi, ibu menyusui bisa mengonsumsi susu almond secara rutin agar kebutuhan nutrisi anak terpenuhi.

  1. Perkembangan Otak Bayi

Kandungan kacang almond lainnya yaitu asam folat dan vitamin E yang mana bagus untuk tumbuh kembang bayi terutama pada perkembangan otak bayi. Tentunya jika nutrisi tersebut tidak terpenuhi, fungsi kognitif bayi akan terganggu. Selain itu, vitamin E pada kacang almond juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga sel tubuh. Oleh karena itu, ibu bisa mengonsumsi susu almond minimal sehari sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

  1. Menghaluskan Kulit

Vitamin E yang terkandung pada susu almond juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. jika dikonsumsi oleh ibu menyusui, manfaat susu almond bisa didapatkan oleh bayi juga.

  1. Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Rasa susu almond yang enak membuat ibu menyusui tidak enek ketika meminumnya. Kandungan susu almond lainnya yang baik untuk ibu dan bayi adalah kalsium. Kalsium berguna untuk mencegah osteoporosis pada ibu dan untuk perkembangan tulang dan gigi untuk bayi.

Memang susu almond yang dijual di kemasan mengandung bahan kimia, jika ibu khawatir mengenai hal tersebut, ibu bisa membuat sendiri susu almondnya.

Berikut cara membuat susu almond :

  1. Siapkan bahan dan alat

Bahan yang diperlukan untuk membuat susu almond

  • 200 gram kacang almond
  • 400 ml air hangat
  • Gula atau madu secukupnya
  • Blender dan saringan susu
  1. Membuat susu almond
  • Agar memudahkan untuk mengolahnya, kacang almond harus direndam selama 2 hari agar menjadi lebih empuk dan mudah untuk di blender.
  • Setelah empuk, tiriskan kacang almond lalu masukkan kacang almond ke blender. Tambahkan dengan air hangat sedikit demi sedikit agar tercampur merata dan bertekstur halus.
  • Setelah selesai di blender, saring almond agar tepisah sarinya dan bagian yang tersisa di penyaringan bisa di blender ulang dan digabungkan dengan susu almond yang telah siap.
  • Sebelum diminum, sebaiknya dihangatkan terlebih dahulu agar susu almond terasa nikmat ketika diminum.

Jika ibu bosan untuk mengonsumsi susu almond, ibu bisa mengonsumsi kacang almond secara langsung dan bisa dijadikan sebagai cemilan sehari-hari. Selain itu, kacang almond juga bisa diolah menjadi kue. Berbagai variasi produk kacang almond tersebut bisa ibu dapatkan di toko online ataupun tempat perbelanjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *