Inilah Panduan Cara Edit Video di PC yang Bisa Kamu Lakukan

Berbicara mengenai dunia videografer memang tidak ada habisnya. Dunia videografi kini sedang marak di kalangan masyarkat, terutama bagi para Youtuber. Berbagai teknik mengedit video mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit sekalipun bisa kamu lakukan. Untuk mengedit video sederhana mungkin kamu cukup menggunakan aplikasi edit video di hp atau ponsel, karena ponsel yang ada sekarang ini sudah sangat mumpuni untuk mengedit video yang sederhana. Sedangkan untuk tingkat kerumitan yang menengah sampai yang paling rumit bisa kamu lakukan melalui PC. Kuncinya adalah jangan malas untuk belajar.

Belajar mengedit video bisa dimulai dengan merangkaiĀ  foto-foto yang kamu miliki menjadi sebuah video yang diiringi dengan soundtrack lagu atau semacamnya. Merangkai foto-foto juga bisa dipadukan dengan potongan-potongan video yang kamu miliki. Kamu juga bisa menambahkan subtittle pada video editanmu.

Untuk mengedit video, di era sekarang ini banyak sekali aplikasi ataupun software yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video yang kamu inginkan. Aplikasi-aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan antara lain adalah Adobe Premiere Pro CC, Final Cut Pro, Vegas Movie Studio, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Salah satu aplikasi simpel yang bisa kamu gunakan untuk belajar mengedit video adalah Windows Movie Maker. Windows Movie Maker adalah software bawaan windows yang dikhususkan untuk membuat video atau film. Jika kamu belum memiliki aplikasi yang satu ini, kamu bisa mengunduhnya di situs resmi microsoft secara gratis.

Bagaimana sih cara edit video di PC menggunakan Windows Movie Maker? Yuk langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

  1. Video Slideshow

Membuat video slideshow adalah cara dasar untuk belajar mengedit video yang lebih rumit. Cara membuat video slideshow menggunakan movie maker terbilang mudah, pertama, klik add videos and photos, lalu masukkan foto-foto atau video yang ingin kamu satukan untuk membuat video. Kamu bisa membuat video slideshowmu lebih menarik dengan menambahkan video transisi animation dengan berbagai pilihannya.

  1. Memotong durasi

Kadang, dalam membuat video, videomu terlihat bertele-tele dan memiliki durasi yang terlalu panjang. Maka yang harus kamu lakukan adalah memotong durasi video tersebut. Cara edit video di PC untuk memotong durasi video terbilang cukup mudah. Pertama, masukkan video ke dalam windows movie maker, jika video sudah ditambahkan, klik menu Tools kemudian letakkan kursor pada video yang ingin kamu jadikan awalan. Kemudian klik Set Start Point, kemudian lakukan hal yang sama dengan hal sebelumnya dengan mengklik perintah yang berbeda, yaitu Set End Point.

  1. Menggabungkan video

Seperti halnya membuat video slideshow dengan berbagai foto yang kamu miliki, begitu pula cara menggabungkan video yang ingin kamu gabungan menjadi sebuah video yang baru. Masukkan terlebih dulu beberapa video yang ingin kamu gabungkan ke dalam windows movie maker. Setelah itu, cara-cara yang bisa kamu tempuh kurang lebih sama seperti cara membuat video slideshow, hanya saja bedanya, proses ini menggunakan video yang digabungkan sebagai modal membuat videonya.

Nah, itu dia cara edit video di PC yang bisa kamu lakukan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa menggunakan movie maker untuk pemula yang masih belajar tentunya sudah cukup. Namun jika kamu ingin memiliki keterampilan yang lebih lagii, kamu harus mau mencari tahu dan belajar.

Mau tahu aplikasi edit video terbaik untuk android? Baca selengkapnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *