Inilah Kumpulan Makanan Bergizi dan Sehat yang Wajib Diketahui Para Wanita Hamil

Beberapa wanita yang hamil mengeluhkan akan tidak enaknya makan berbagai jenis makanan pada trimester pertama, namun ternyata tidak semua ibu hamil mengalami hal demikian. Tetapi mual atau muntah dalam masa kehamilan itu wajar, terpenting apapun yang dialami tetap memberikan berbagai asupan dari makanan bergizi yang dapat menyehatkan janin dalam kandungan. Nutrisi baik dibutuhkan bayi dalam kandungan untuk tetap dapat tumbuh kembang menjadi bayi yang sehat dalam kandungan. Seorang wanita tentunya bahagia melihat janin dalam perutnya sehat karena tidak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan.

Jika Anda mengalami kesulitan mencari makanan apa saja yang cocok untuk ibu hamil berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk trimester awal sampai dengan trimester ketiga, antara lain:

  • Telur.

Seperti yang telah diketahui telur mempunyai banyak kandungan vitamin dan juga gizi yang penting untuk pertumbuhan janin. Dari mulai protein yang baik untuk pertumbuhan sel bayi, ada lagi kolin yang dipercaya baik untuk perkembangan otak si kecil. Dengan mengkonsumsi telur secara berkala dapat bermanfaat meminimalisir kemungkinan cacat saraf pada bayi.

  • Pisang.

Sebenarnya semua buah mengandung banyak nutrisi baik yang dibutuhkan dalam perkembangan janin. Tetapi untuk trimester awal sangat disarankan Anda mengkonsumsi pisang, apalagi bagi Anda yang mengalami muntah atau mual yang berlebih sehingga susah makan. Vitamin dalam buah pisang dipercaya untuk mengurangi mual yang sering dialami oleh ibu hamil.

  • Kacang-kacangan.

Selanjutnya makanan bergizi yang baik untuk ibu hamil yaitu semua jenis makanan dari kacang-kacangan. Seperti yang diketahui bahwa kacang merupakan salah satu sumber protein yang banyak dibutuhkan oleh tubuh, bukan saja untuk bayi tetapi juga baik untuk ibu sampai dengan menyusui. Kacang memang dipercaya dapat membantu memperlancar keluarnya asi pertama saat akan menyusui.

  • Alpukat.

Walaupun banyak kandungan lemak yang ada di buah alpukat tetapi lemak tersebut merupakan lemak baik. Selain itu juga ada banyak kandungan vitamin K , asam folat, vitamin C, kalium dan juga vitamin B6. Buah tersebut dipercaya dapat membantu pertumbuhan otak bayi dan juga pertumbuhan jaringan pada trimester kedua.

  • Ubi-ubi jalar.

Terkadang sebagian orang menganggap bahwa ubi merupakan makanan sederhana, padahal dalam makanan tersebut banyak mengandung nutrisi yang baik mulai dari zat besi, vitamin C, beta karoten, serat, potassium dan lainnya. Jadi jangan pernah menganggap remeh, hanya dengan makan ubi jalar kebutuhan zat besi tubuh akan terpenuhi.

  • Sayuran hijau.

Banyak sekali jenis sayuran yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil mulai dari brokoli, bayam, sawi hijau, selada atau lainnya. Mengolah makanan bergizi dari sayuran hijau tersebut dapat membuat bayi dan juga ibu tetap sehat sampai dengan kelahiran. Kandungan mineral, vitamin C, vitamin K, vitamin A yang sangat baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *