Inilah Daftar Perlengkapan dan Model Baju Bayi yang Wajib Ada Menjelang Persalinan

Memiliki seorang anak tentunya merupakan masa paling menyenangkan. Dimulai dari masa kehamilan, para orangtua sudah mulai ingin memberikan apapun yang terbaik untuk sang buah hati. Terlebih pada masa-masa menjelang persalinan. Beberapa orang percaya bahwa membeli perlengkapan bayi harus dilakukan ketika umur kandungan di atas 7 bulan. Sehingga agar tidak ada yang terlewat sebaiknya dilakukan pendaftaran sebelum belanja seluruh perlengkapannya. Juga jangan sampai membeli barang yang sebetulnya tidak terlalu penting untuk dibeli. Jangan lupa memperhatikan cara penggunaan, perawatan dan cara mencuci baju bayi baru lahir. Karena untuk bayi baru lahir dibutuhkan perlakuan yang berbeda, mengingat kulit, dan kondisi tubuhnya masih sensitif.

Model Baju Bayi

Berikut adalah model baju bayi yang wajib untuk disiapkan sebelum kelahiran ;

  1. Baju kaos lengan pendek dengan kancing depan penuh sangat dibutuhkan untuk bayi baru lahir. Sebaiknya disediakan sebanyak satu lusin atau paling minimal sebanyak setengah lusin, karena bayi cenderung sering ganti pakaian, karena beberapa hal seperti contohnya gumoh (sedikit muntah setelah minum ASI).
  2. Baju lengan panjang dengan kancing depan yang penuh juga sangat dibutuhkan terlebih jika tinggal di daerah yang dingin.
  3. Baju Jumper lengan pendek sangat wajib dimiliki. Untuk model jenis ini sebaiknya disediakan dengan jumlah yang cukup banyak. Model baju bayi ini mempermudah bayi saat digendong, karena baju jadi tidak mudah tertarik sehingga bisa terhindar dari masuk angin.
  4. Baju Jumper lengan panjang pastinya juga wajib dimiliki untuk bayi baru lahir.

( Foto : Bukalapak )

Perlengkapan ASI

Berikut adalah perlengkapan-perlangkapan yang penting disiapkan menjelang persalinan guna mendukung pemberian ASI ;

  1. Breastpad penting sekali disiapkan sebelum persalinan, bahkan perlu dimasukan ke dalam salah satu barang yang wajib ada di dalam tas yang akan Ibu bawa ke Rumah Sakit. Biasanya beberapa jam setelah persalinan, tanpa disadari ASI sudah mulai keluar dengan sendirinya sehingga seringkali membasahi baju sang Ibu.
  2. Pompa ASI & botol kaca juga perlu untuk disiapkan dan dibawa saat persalinan. Walaupun biasanya anak bayi ditidurkan bersama sang ibu di kamar yang sama dan ibu bisa memberikan ASI secara langsung, namun pompa ASI tetap dibutuhkan jika sewaktu-waktu produksi ASI meningkat hingga keluar dengan sendirinya sedangkan sang bayi masih dalam keadaan tidur. Agar tidak terbuang sia-sia lebih baik segera menampungnya di dalam botol kaca untuk dijadikan stock ASI dalam kulkas.
  3. Sterilizer penting untuk menjaga kebersihan perlengkapan bayi khususnya perlengkapan pemberian ASI, seperti pompa ASI, botol kaca, dan botol susu. Perlengkapan bayi yang tidak disterilkan dapat mengakibatkan jamur pada lidah bayi. Kondisi tersebut dapat mengganggu kenyamanan bayi sehingga dapat menurunkan nafsu makan.

( Foto : Bukalapak )

Perlengkapan Lainnya

Perlengkapan lainnya di luar baju dan perlengkapan ASI, antara lain ;

  1. Topi Bayi,
  2. Bedongan,
  3. Gendongan,
  4. Perlak,
  5. Matras Bayi,
  6. Satu set bantal dan guling bayi,
  7. Popok ukuran XS,
  8. Botol Susu,
  9. Dan obat-obatan penting untuk seperti minyak telon, dan inhalant untuk bayi.

Itulah beberapa daftar perlengkapan yang wajib disiapkan sebelum kelahiran bayi. Sebetulnya masih terdapat beberapa perlengkapan bayi yang dibutuhkan, namun tingkat urgensinya tidak setinggi daftar perlengkapan di atas. Jangan lupa memperhatikan cara mencuci baju bayi, agar tidak menjadi masalah dengan kulit bayi yang cenderung masih sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *