Ini Daftar Salep untuk Iritasi Kulit Bayi karena Pampers

Sebagai seorang ibu, tentu kita menjadi khawatir saat mendapati adanya ruam kulit pada daerah kulit yang tertutupi popok. Kondisi ini jamak disebut ruam popok. Ruam popok atau Diaper Rash adalah gejala yang muncul akibat peradangan di kulit daerah pemakaian popok. Ruam popok ini dapat menyebabkan si kecil rewel karena merasa tidak nyaman. Ruam popok sering terjadi pada bayi baru lahir hingga usia 2 tahun. Ruam ini berwarna kemerahan baik berupa bintik bintik kecil maupun area yang agak luas. Untuk mengatasi ruam popok ini, biasanya ibu akan mengoleskan salep ruam popok.

Nah, penyebab ruam popok sendiri ada beberapa hal. Yang pertama adalah daerah yang tertutupi popok akan cenderung lembap. Kulit yang basah dan lembap akan menyebabkan gesekan antara popok dengan kulit. Hal ini diperparah jika popok dipakaikan terlalu ketat sehingga kulit menjadi lecet dan teriritasi.

Selain itu, jika ibu tidak rajin mengganti popok bayi, urin dan feses akan menyebabkan iritasi kulit juga. Apalagi jika bayi sedang mengalami diare. Saat ini banyak beredar krim atau salep untuk iritasi kulit bayi karena pampers.

Berikut adalah beberapa merk dan produk yang dapat ibu coba gunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi.

Sebamed Baby Diaper Rash Cream

Sebamed Baby Diaper Rash Cream merupakan produk yang banyak dipilih ibu untuk mengatasi ruam popok. Produk ini memiliki pH 5.5 yang terbukti secara klinis dapat membentuk selaput asam yang membantu melawan bakteri jahat. Selain itu, pH 5.5 ini dapat menormalkan pH kulit yang meninggi saat terkena urin.

Bahan bahan Sebamed Diaper Rash Cream ini tidak mengandung senyawa berbahaya seperti formaldehida, nitrosamin, dan dioksan. Kandungan panthenol yang terdapat dari krim ini berfungsi untuk mempercepat penyembuhan.

Selain itu, ada skualan yang terkait dengan vernix sehingga memberikan perlindungan lemak yang dibutuhkan. Untuk pelindung kulitnya dan menghindari peradangan, terdapat titanium dioxide. Krim ini pun aman digunakan sejak bayi baru lahir (newborn baby). Harganya sekitar Rp120.000 untuk 100ml.

My Baby Rash Cream

My Baby juga mengeluarkan produk untuk mengatasi ruam popok. My Baby Diaper Rash Cream ini diformulasikan untuk melindungi dan membantu penyembuhan kulit bayi dari radang akibat ruam popok maupun bakteri penyebab iritasi. Kandungan ekstrak lidah buayanya mampu memberikan sensasi dingin pada kulit bayi.

Selain itu juga terdapat Zinc Oxide yang meringankan iritasi serta ruam. Krim ini pun dilengkapi dengan multivitamin seperti vitamin A, E, dan B5 untuk menutrisi serta menjaga kulit bayi tetap lembap, lembut, dan sehat. Harga yang dibanderol pun cukup murah. Ibu bisa mendapatkannya dengan harga di bawah Rp20.000 untuk per 100 ml.

Cussons Diaper Rash Cream

Produk Cussons Diaper Rash Cream ini merupakan salah satu dari rangkaian produk Cussons Baby Protect Care yang dikhususkan untuk perlindungan kulit bayi sensitif. Krim ini memiliki kandungan Zinx Oxide yang befungsi sebagai pelindung dan meringankan iritasi. Selain itu tedapat Allantoin yang dapat melindungi kulit serta berfungsi sebagai anti iritasi. Ditambah dengan ekstrak dari Witch Hazel yang dapat mengurangi gatal dan iritasi akibat pemakaian popok. pH dari krim ini juga seimbang.

Salah satu alasan mengapa salep untuk iritasi kulit bayi karena pampers ini dapat dijadikan pilihan adalah karena bebas dari paraben. Untuk harga, krim ini dijual dengan harga Rp15.000 untuk kemasan 50 gr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *