Fitness di Gym, Langkah Awal Jadikan Tubuh Anda Kian Bugar

Berolahraga tentu sudah menjadi aktivitas yang seharusnya dijadikan gaya hidup. Hal ini lantaran kesehatan di jangka panjang akan dipertaruhkan saat Anda malas berolahraga. Berolahraga pun banyak pilihannya mulai dari olahraga tanpa biaya misalnya lari dan bersepeda atau bisa juga dengan pilihan fitness di gym. Ya, aktivitas olahraga di gym ini memang sudah menjadi pilihan banyak orang lantaran bisa dilakukan setiap waktu dengan peralatan olahraga yang sudah tersedia di sana.

Olahraga di gym juga sebetulnya tidak butuh banyak dana karena Anda bisa jadi anggota gym tersebut sehingga bisa lebih murah ketika olahraga di sana. Dengan berolahraga secara teratur dan kemungkinan Anda juga bisa mendapatkan teman di sana, maka akan ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan diantaranya adalah dengan meredakan stres, membantu penyembuhan penyakit kronis, hingga meningkatkan kepercayaan diri.

Tempat fitness merupakan pusat kebugaran dimana tersedia banyak alat olahraga yang dapat dipakai untuk latihan fisik. Biasanya terdiri dari area utama, yaitu

  • Area latihan utama yaitu ruangan ini umumnya dikelilingi cermin sehingga bisa memastikan gerak dan postur tubuh yang benar. Umumnya ruangan ini pun dilengkapi berbagai alat seperti dumbel hingga barbel.
  • Area kardio yaitu ruangan yang lengkap dengan segala fasilitas peralatan olahraga demi melatih organ jantung misalnya sepeda statis, mesin kayuh hingga treadmill. Kadang ruangan ini pun dilengkapi audio visual sehingga bisa menghibur mereka yang sedang berolahraga.

Umumnya pada orang dewasa, direkomendasikan bergerak secara aktif dengan olahraga intensitas sedang selama 2,5 jam atau olahraga berat 1 jam 15 menit selama seminggunya. Untuk menjalaninya dengan baik, ada baiknya dibagi dalam beberapa kali sesi misalnya 2 kali hingga 3 kali per minggunya. Jika Anda ingin berlatih di gym, maka berikut ini panduan singkatnya:

Baca juga jika ingin menggunakan treadmil untuk bagi pemula. Lihat selengkapnya di tokolahraga.com

  • Pertama konsultasikan dulu kepada dokter jika Anda memang punya penyakit tertentu.
  • Tetapkan juga target kebugaran yang disesuaikan dengan kemampuan.
  • Sebagai langkah awalnya, mulai saja secara perlahan dengan waktu singkat misalnya 10 hingga 15 menit selama 3 kali per minggu. Selanjutnya Anda bisa menambahkan durasi dengan bertahap.
  • Ada baiknya juga memvariasikan latihan dengan jenis olahraga lainnya misalnya bersepeda atau berenang.
  • Mengingat olahraga membakar kalori, maka pastikan untuk makan makanan bergizi sebelum mulai olahraga.
  • Jangan lupa untuk konsumsi cukup air selama waktu jeda dan pastikan memilih pakaian dan sepatu yang membuat Anda nyaman bergerak.

Itulah beberapa tips sederhana memulai olahraga di tempat fitness. Dengan mematuhi aturan tersebut, maka diharapkan Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam berolahraga. Jika perlu, minta pendampingan dari instruktur yang ada di gym tersebut sehingga Anda bisa mendapatkan saran dan masukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *