Faktor Kegagalan Usaha Baru yang Wajib Diwaspadai

Memulai usaha memang bukanlah hal yang mudah. Hal ini terbukti dengan kegagalan usaha yang banyak dirasakan oleh para pemula. Kegagalan dalam dunia bisnis bukan sesuatu hal yang baru dan bahkan terlalu biasa serta bisa dialami siapa saja. Meski demikian, semua pebisnis bisa meminimalisir kegagalan itu dengan berbagai macam upaya yang dilakukan. Memang usaha baru begitu riskan untuk gagal. Tapi dengan persiapan dan rencana yang matang, maka bukan tak mungkin jika kegagalan itu bisa dihindari dan usaha tersebut besar.

 Faktor Kegagalan Usaha Baru yang Wajib Diwaspadai

Sebetulnya penyebab kegagalan di dunia bisnis ada banyak sekali. Namun yang paling sering terjadi adalah dengan sebab berikut ini:

  • Tidak paham pada usaha yang dijalani

Mungkin terdengar agak lucu. Bagaimana bisa pebisnis tidak paham pada usaha yang sedang dilakoninya? Namun ini memang banyak sekali terjadi di luaran sana. Hal ini karena ternyata usaha yang dibuatnya tersebut tidak sesuai dengan bidang ilmu hingga minat usahanya. Membangun kerajaan usaha bukan hanya sekedar dari memproduksi barang atau jasa, tapi seluruh seluk beluk juga harus diketahui mulai dari kebutuhan pasaran, frekuensi permintaan dan lainnya. Itulah mengapa banyak yang menyarankan untuk membangun bisnis yang sesuai dengan minat serta ilmu yang dimiliki.

  • Sekedar iseng dan mencoba-coba

Berapa kali mungkin Anda dengar jika ada pengusaha yang membuka bisnisnya karena iseng hingga coba-coba saja. Usaha baru seperti ini mungkin bisa maju di awal, namun seterusnya akan cenderung mengalami penurunan hingga akhirnya gagal. Jika Anda siap membangun usaha, maka Anda pun harus siap juga untuk mengemban tugas yang berat dimana sangat kuras tenaga serta pikiran Anda. Tantangan berat itu tak akan mampu dilalui jika Anda hanya iseng bukan?

  • Tidak memiliki pengalaman di dunia pemasaran

Pemasaran adalah kunci besar untuk menjadikan usaha yang dibangun maju. Namun jika Anda tidak tahu menahu dengan ilmu pemasaran, maka ini akan sangat riskan sekali bagi bisnis Anda. Masih banyak sampai saat ini pengusaha yang cenderung menggunakan metode pemasaran dengan cara tradisional dimana cara ini bisa dipastikan tidak sesuai dengan zaman yang sudah serba online dan modern.

  • Pengelolaan administrasi dan keuangan yang gagal

Ketika menjalankan usaha, pengelolaan pada administrasi dan juga keuangan sangat penting dalam hal ini. Namun banyak juga pengusaha yang menyepelekan hal ini sehingga pengaturan keuangannya gagal. Korelasi antara profit, penjualan hingga pengeluaran semuanya harus sesuai.

Itulah empat faktor yang kerapkali menjadikan usaha baru gagal meski baru beberapa tahun atau beberapa bulan saja dibuka. Untuk itu, usaha yang baru dirintis memang butuh perencanaan yang matang dan siap sehingga bisa meminimalisir kegagalan yang terjadi nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *