Dijamin Berhasil, Inilah 5 Tips Diet Vegan Bagi Pemula

Diet vegan merupakan salah satu dari berbagai jenis diet Vegetarian. Selain alasan kesehatan, diet ini menjadi pilihan banyak orang karena mempunyai berbagai kebaikan seperti menghargai hak hewan dan lingkungan. Umumnya, orang yang mengikuti program tips diet ini memang menghindari konsumsi makanan yang diolah dari hewani, termasuk olahan susu, keju, telur, gelatin, madu, dan sebagainya.

Dijamin Berhasil, Inilah 5 Tips Diet Vegan Bagi Pemula

Meskipun sama sekali tidak mengonsumsi produk pangan hewani, diet ini tak sesulit yang dibayangkan. Karena sebenarnya jika dilakukan dengan benar, diet ini dapat Anda jalani tanpa harus merasa tersiksa dengan aturan makanan yang diberlakukan. Jadi, jika Anda tertarik dan masih akan mulai menjadi seorang vegan namun bingung bagaimana melakukannya dengan benar, catat beragam tips diet vegan Bagi pemula di bawah ini, dijamin berhasil.

Jangan Menunda Untuk Memulai

Dokter sekaligus pakar diet nabati, dr. Michael Klapper menyarankan bagi yang merasa tertarik menjalani diet vegan agar segera memulai dan jangan menunda-nunda. Beberapa orang memang masih hanya sampai pada wacana belum pada tahap praktik karena Mereka cenderung ragu dan belum percaya diri. Padahal, menundanya tidak akan membuat Anda semakin mantap memulai. Lebih baik mulai praktikkan langsung tips diet nya secara bertahap. Bisa diawali dengan satu hari saja, kemudian tiga hari, satu minggu, sampai satu bulan sehingga tubuh bisa menyesuaikan perubahan tersebut dan Anda menjadi vegan sepenuhnya.

Buat Rencana Makan (Meal Plan)

Setelah Anda membulatkan tekad jangan lupa untuk membuat rencana makan (meal plan) baik untuk makanan pokok maupun camilan. Hal ini bertujuan untuk mengantissipasi jika Anda secara tidak sadar maupun secara sadar mengonsumsi makanan non-vegan. Usahakan untuk disiplin dan tidak melanggar meal plan yang telah dibuat.

Mulai dengan Makanan Sederhana

Guna menghindari kebingungan dalam menentukan makanan vegan yang dikonsumsi, sebaiknya mulailah dengan makanan vegan yang sederhana sehingga mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan camilan juga seperti buah segar atau jus.  Di samping rasanya yang enak, pastikan menu yang Anda juga kaya karbohidrat, protein, dan serat.

Tambahkan Porsi Kalau Masih Lapar

Bagi pemula vegan, merasa gampang lapar adalah hal normal. Karena meskipun kaya nutrisi, kandungan kalori pada makanan nabati cenderung rendah dibanding menu hewani. Untuk mengatasinya, tambahkan porsi setiap kali makan. Hal ini tidak akan membuat gemuk karena rendahnya kandungan lemak dan kalori makanan nabati.

Bergabung Dengan Komunitas Vegan

Bergabung dan berkumpul bersama orang-orang vegan lainnya dapat memotivasi diri Anda. Selain bisa saling berbagi tips diet vegan atau resep-resep menarik dengan anggota komunitas, berpartisipasi dalam kelompok vegan bisa mendukung kekonsistenan Anda menjadi seorang vegan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *