Daftar Vitamin untuk Ibu Menyusui, dari Makanan sampai Kapsul Vitamin

Wanita memang ditakdirkan untuk mengandung dan menyusui. Kebutuhan nutrisi wanita selama fase tersebut memang lebih banyak dibandingkan fase lainnya. Hal tersebut membuat wanita harus mengonsumsi makanan yang sehat dan beragam dan untuk ibu menyusui juga dianjurkan untuk meminum vitamin untuk ibu menyusui. ASI yang keluar pada ibu juga tergantung kepada kondisi ibu, jika ibu kelelahan dengan banyak pekerjaan atau sakit, maka produksi ASI juga akan berpengaruh. Selain itu, posisi menyusui yang benar dan cara menyusui yang benar juga berpengaruh terhadap produksi ASI, bahkan kecukupan kebutuhan pada bayi.

Berikut ini merupakan cara menyusui yang benar:

  1. Membersihkan Puting

Agar puting bersih dan steril maka ibu bisa membersihkannya dengan tisu basah atau tisu kering yang dibasahi oleh air. Setelah kering, ibu bisa mengolesi bagian putih dengan sedikit ASI agar bayi bisa mencium aroma ASI dan berselera untuk menyusu.

  1. Sebaiknya ibu menyusui selama bayi mau, setidaknya dalam satu jam biasanya bayi akan menyusu minimal 1 kali. Sebelum bayi menuntaskan menyusunya jangan pindahkan bayi ke puting yang lainnya dan biarkan bayi sampai melepaskan menyusunya.
  2. Posisi Menyusuinya yang Benar

Sebagain besar ibu tidak terlalu memperhatikan bagaimana posisi yang benar ketika menyusui. Ketika ibu menyusui sebaiknya ibu fokus menyusui dan tidak melakukan hal lain seperti main hp atau lainnya, karena menyusui sendiri mempunyai peran penting untuk mempererat ikatan batin ibu dan anak.

Posisi menyusui yang benar adalah dengan duduk yang tegak dan jangan membungkuk, dan letakkan posisi bayi di pangkuan dengan wajah dan hidung menghadap payudara ibu. Untuk posisinya harus lurus searah mulai dari telinga, hidung, serta dagu bayi sebaiknya menempel pada pada payudara ibu. Jika ibu merasa kelelahan, ibu bisa menggunakan bantal sebagai alas untuk menopang bayi.

  1. Puting Lecet

Masalah ini adalah yang biasa terjadi pada ibu menyusui. Cara menyembuhkannya adalah dengan cara mengompres es di payudara ibu dan tetap menyusui bayi. Jika tidak cepat sembuh, ibu bisa membawanya ke dokter dan meminum obat yang direkomendasikan oleh dokter.

Setelah tahu mengenai cara dan posisi yang benar ketika menyusui, ibu juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin agar produksi ASI lancar dan menambah daya tahan tubuh ibu menyusui. Berikut vitamin untuk ibu menyusui :

  1. Vitamin dari Makanan

Beberapa buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk ibu menyusui. Di antaranya adalah

  • Vitamin A

Vitamin A bisa didapatkan dari sayuran wortel, bayam, kangkong, dan lainnya. Peran vitamin A adalah agar fungsi penghilatan bayi bisa optimal. Ibu bisa mengonsumsinya setiap hari agar tumbuh kembang bayi juga semakin pesat.

  • Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan ibu menyusui. Ibu bisa mendapatkannya dari jeruk.

  • Vitamin E

Agar kulit ibu menyusui tetap terjaga, maka ibu bisa mengonsumsi makanan dengan sumber vitamin E seperti brokoli, kecambah, dan paprika merah.

  1. Produk Vitamin Ibu Menyusui

Nah, untuk produk vitamin sendiri, sebagai pelengkap dari makanan, ibu menyusui bisa mengonsumsi berikut ini :

  • Fetavita

Vitamin yang berasal dari minyak ikan ini mengandung DHA yang bagus dalam menjaga kebugaran tubuh dan mencegah tubuh menjadi cepat Lelah. Selain itu, vitamin ini juga bisa berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi.

  • Folamil Genio

Vitamin lainnya yang bisa ibu konsumsi untuk meningkatkan kecerdasan bayi adalah folamil genio. Kandungan asam folat dan DHA sangat bagus untuk sistem saraf dan otak bayi.

So, buat ibu menyusui, konsumsi makanan yang bergizi dan vitamin sebagai pelengkapnya sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu dan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *