Cimol, Aneka Jajanan Khas Bandung yang Menyehatkan

Panduanwisata

Suka dengan cara buat cimol dan mengonsumsi jajanan tersebut? Harus diakui bahwa makanan khas Bandung yang terbuat dari eci ini memang membuat kita ketagihan. Apalagi bila dicampur dengan bumbu bubuk pedas atau bumbu kacang. Rasanya sulit untuk berhenti memakannya. Lagipula, resep cara membuat cimol goreng sangat mudah untuk diterapkan dan tidak memakan waktu lama untuk dimasak di rumah

 

Namun banyak orang yang menganggap bahwa jajanan enak di Bandung ini tidak sehat dan tidak pantas dikonsumsi. Memang sih, mengonsumsi jajanan layaknya cimol akan membuat kamu mudah gemuk. Cimol yang terbuat dari tepung kanji tinggi kalori dan tidak mudah dibakar tubuh. Namun dalam porsi wajar, cimol rupanya punya banyak manfaat lho. Tidak percaya? Coba lihat manfaatnya buat tubuh kamu di sini yuk:

 

 

  • Membuat pencernaanmu tetap sehat

 

Tepung tapioka atau tepung kanji yang menjadi bahan utama pembuat cilok mengandung tembaga, asam folat, dan berbagai vitamin lain yang dapat menyehatkan lambung dan membuat sistem pencernaan terjaga dengan baik, lho. Jadi, kalau kamu punya masalah pencernaan, sebenarnya tidak masalah mengonsumsi cimol dan teman-temannya.

 

Namun, hindari terlalu banyak bumbu kacang atau bumbu pedas yang seringkali menyebabkan diare. Makanlah cimol tanpa bumbu atau hanya dengan garam saja. Itu lebih sehat dan tentunya lebih rendah kalori mengingat bumbu cimol sendiri justru menyumbang banyak kalori untuk tubuhmu.

 

  1. Mengurangi risiko anemia

Ya, tepung tapioka juga kaya akan zat besi yang membantu mengurangi anemia dan membuat tubuhmu menjadi lebih segar serta bugar. Bila kamu terlalu lelah bekerja, cimol bisa menjadi pilihan camilan bijak untukmu lho.

 

Zat besi yang terkandung di dalam cimol dapat memroduksi sel-sel darah baru yang tentunya amat bermanfaat dalam menurunkan tingkat anemia alias kekurangan darah.

 

  1. Membuat tekanan darah menjadi normal

Tahukah kamu bahwa tepung kanji atau tepung tapioka juga mengandung kalium? Kalium merupakan zat yang mengurangi tekanan dalam pembuluh darah dan membuat cairan tubuh menjadi lebih stabil.

 

Jadi, bila kamu mengalami masalah dengan tekanan darah, cimol dapat menjadi camilan yang bersahabat lho buatmu. Asalkan, jangan mencampurkan dengan bumbu yang terlalu berminyak ya.

 

  1. Mengenyangkan

Sebagai karbohidrat, tepung kanji jelas akan bertahan lebih lama di tubuh Anda. Itulah alasan mengapa usai mengonsumsi cimol, kamu akan merasa sangat kenyang. Nah, bila kamu sangat sibuk dan membutuhkan banyak asupan untuk tenagamu, maka mengonsumsi cimol sebagai camilan adalah pilihan tepat.

 

Cimol yang dihidangkan tanpa bumbu yang berlebihan seperti bumbu kacang misalnya tidak berbahaya karena tidak mengandung lemak yang jenuh atau berkolestrol tinggi.

 

  1. Membuat tulang menjadi sehat

Di dalam tepung tapioka, juga terkandung vitamin-vitamin yang mampu menjaga kesehatan tulang seperti kalsium dan vitamin K. Nah, mengonsumsi panganan seperti cimol yang kaya akan tepung tapioka juga membantu menjaga kesehatan tulangmu lho.

 

Ya, kekurangan kalsium dan vitamin K akan berpotensi menghadirkan berbagai penyakit tulang berbahaya seperti osteoporosis misalnya. Tidak mau hal semacam itu terjadi, bukan?

 

Rupanya, cimol pun memiliki banyak kegunaan untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Namun tetap saja kamu harus membatasi bumbu yang tidak sehat dan mengolah cimol dengan baik. Akan lebih bagus bila kamu juga menambahkan sayuran seperti parutan wortel saat membuat cimol. Selamat mencoba dan selamat berkreasi dengan jajanan khas Bandung yang terkenal ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *