Cilor, si Jajanan Hits yang Selalu Mengikuti Zaman

 

Murah, mudah, dan mantap rasanya, itulah cilor. Jajanan yang lagi hits satu ini, menawarkan keunikan tersendiri. Selain karena harganya yang murah, biasanya satu bulatan hanya seribu rupiah, juga mudah kita jumpai. Dari anak-anak sampai orang dewasa tidak ada batasan untuk menikmati jajanan yang satu ini. Jika kita melihat si abang penjual (seringkali laki-laki yang menjual) terlihat mudah saja membuatnya, masukan aci dan kocokan telur ke dalam cetakan, tunggu hingga kering, cilor siap dinikmati. Akan tetapi, apa sebetulnya rahasia cara membuat cilor, yuk simak dalam artikel berikut ini.

Dua adonan dasar untuk membuat cilor adalah aci dan telur kocok. Adonan aci juga bisa didapat dari pedagang keliling atau penjual cilor itu sendiri. Jika ingin membuatnya juga tidak repot, kok. Yuk, ketahui cara membuat cilor di bawah ini.

Bahan Mmebuat Cilor

  • 250 gr tepung tapioka (sagu).
  • 50 gr tepung terigu.
  • 200 gr makaroni basah (opsional).
  • 2 tangkai baun bawang (potong halus).
  • 2 butir telur.
  • Bumbu tabur aneka rasa (sesuai selera).
  • Cabai giling/bubuk.
  • Penyedap rasa.
  • Air panas.

Cara Membuat Cilor

Kita bisa mengawali langkah membuat cilor dengan membuat aci terlebih dahulu.

  1. Siapkan wadah yang cukup lebar, seperti basko. Campurkan tepung tapioka beserta bawang yang di potong halus. Aduh hingga rata dan tuangkan air panas sedikit. Lakukan lagi, aduk dengan sendok dan tuangkan air panas. Kemudian, aduk kembali. Lakukan secara terus-menerus hingga tepung menggumpal dan membentuk adonan.
  2. Masukkan tepung terigu, uleni menggunakan tangan bersama tepung tapioka yang sudah menggumpal. Jika adonan masih panas karena langkah pertama, gunakan sendok untuk mengaduk hingga adonan dirasa dingin, lalu lanjutkan dengan tangan.
  3. Setelah diuleni, pipihkan adonan hingga ketebalan kurang lebih 1 cm.
  4. Rebus adonan hingga mengapung di air mendidih, angkat dan tiriskan hingga dingin.
  5. Setelah dingin, potong-potong aci dengan bentuk dadu.
  6. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan adonan telur kocok sebagai pelengkap aci. Kocok telur di dalam mangkuk dan tambahkan penyedap rasa. Selain itu, jika suka bisa menambahkan daun bawang yang dipotong halus.

Memasak Cilor

Setelah semua adonan siap (aci dan telur kocok), saatnya memasak cilor.

  1. Siapkan cetakan martabak mini, atau jika tidak punya gunakan teflon. Panaskan di atas kompor dan beri minya goreng.
  2. Masukkan aci yang telah dipotong-potong tadi ke dalam cetakan. Tunggu sampai setegah matang, tandanya aci yang tadinya agak transparan menjadi putih atau tidak terlalu lengket.
  3. Tuangkan kocokan telur ke dalam aci yang sedang digoreng, tunggu hingga matang.
  4. Setelah matang, angkat dan beri taburan bumbu/bubuk cabe (sesuai selera). Aduk dan hancurkan cilor dengan garpu atau sendok hingga bentuknya seperti orak-arik.
  5. Cilor siap disantap.

Nah, mudah bukan cara membuat cilor sendiri di rumah. Bahannya juga mudah ditemukan. Akan tetapi, tidak disarankan untuk mengonsumsi cilor secara berlebihan, ya. Terlebih jika dibuatnya dengan penyedap rasa yang tidak terukur. Salah satu keuntungan membuat cilor sendiri adalah adonan yang dibuat bisa diukur bahan dan penyedap yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tentunya akan lebih aman, hemat, dan sehat. Jadi, jangan mengandalkan praktis dengan hanya membeli pada penjual, kita juga bisa membuatnya sendiri. Selamat mencoba!

Sumber gambar:

https://2.bp.blogspot.com/-9BWygcbMnRo/Vt5GGjpGQ9I/AAAAAAAACx8/5_4_89yWqrY/s1600/cilor%2Bmakaroni.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *