Cara Mudah Mengenali Madu yang Asli dan Murni

Madu merupakan salah satu bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahan tersebut telah digunakan sejak masa kuno karena berbagai khasiatnya yang luar biasa. Karena kemanfaatannya tersebut, bahan yang tercipta dengan bantuan lebah ini dijual dengan harga yang relatif tinggi. Karenanya banyak orang yang tidak bertanggungjawab menjual produk palsu untuk memperoleh keuntungan yang tinggi.

Cara Mudah Mengenali Madu yang Asli dan Murni

Agar tidak tertipu Anda sebaiknya lebih jeli dalam memilih madu yang asli dan murni. Cara mudah yang dapat Anda lakukan adalah mengenali ciri-ciri bahan ini dengan baik. Berikut adalah ciri dan caranya:

Baca Juga:6 Manfaat Madu untuk Bibir Lebih Halus dan Menawan

  1. Tidak ada buih dan endapan. Langkah mudah yang dapat Anda terapkan adalah melihat pada dasar botol atau wadah penyimpanan bahan satu ini. Bahan alami ini tidak akan memiliki endapan maupun buih pada dasar penyimpanannya. Maka bila Anda melihat adanya buih atau endapan, maka bahan tersebut sudah mengalami fermentasi dan telah dibiarkan dalam waktu yang lama di tempat terbuka.
  2. Tetesan tidak terputus. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenali tidaknya bahan satu ini adalah dengan mencelupkan benda pada bahan ini. Bila benda tersebut Anda angkat, cairan bahan ini tidak akan terputus. Bila tetesannya terputus maka bahan tersebut adalah palsu.
  3. Tidak mengering. Keaslian bahan ini dapat teruji dengan berbagai cara. Cobalah Anda taruh sedikit bahan ini pada suatu tempat dibawah sinar matahari. Bahan ini tidak akan mengering dengan paparan sinar matahari. Berbeda bila bahan yang palsu akan mengering dan menimbulkan lapisan seperti gula cair yang dipanaskan.
  4. Tidak tembus kertas. Anda juga dapat menguji keaslian bahan ini dengan menggunakan kertas tipis. Anda bisa meneteskan sedikit saja bahan ini keatas kertas tipis yang telah Anda persiapkan. Bila tidak menetes berarti bahan ini benar-benar asli dan murni.
  5. Membentuk sarang lebah. Keunikan dari bahan yang berasal dari lebah ini adalah ia dapat membentuk sarang lebah ketika Anda tuangkan pada wadah dan dicampur dengan air.
  6. Gelembung-gelembung udara. Bila Anda panaskan bahan ini, Anda akan melihat adanya gelembung-gelembung udara karena bahan ini asli. Bila palsu Anda akan melihat buih yang dihasilkan oleh campuran gula dan air.

Dengan melihat ciri-ciri dan menerapkan langkah-langkah tersebut Anda dapat memperoleh khasiat dari madu yang asli dan murni. Maka pilihlah dengan hati-hati karena bila salah memilih yang palsu, hanya akan menimbulkan penyakit yang mungkin akan menghampiri. Bahan yang dipalsukan biasanya terbuat dari gula yang bila dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh karenanya agar Anda dapat memperoleh khasiat dari bahan alami yang asli ini, lakukan langkah yang tepat agar tidak salah pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *