Cara Menghindari Pola Hidup Hedonisme yang Berlebihan

Hedonisme merupakan pola hidup yang dilakukan oleh banyak orang yang menganggap materi adalah segalanya dan hidup untuk mengejar kesenangan semata. Sekarang ini banyak masyarakat yang bahkan tidak malu untuk mengumbar harta sehingga membuat banyak orang merasa iri dan kemudian mereka bekerja keras untuk dapat hidup bermewah-mewahan seperti yang dipertontonkan oleh orang banyak. Banyaknya contoh orang yang disorot dan juga disekitar kita yang masih menganggap materi adalah segalanya membuat orang sekarang ini memang masih terpaku pada materi dan hidup hedon sebagai kehidupan yang baik. Padahal sebenarnya ada banyak hal yang tidak bermanfaat dari pola hidup hedon yang dilakukan oleh masyarakat sekarang ini.

Orang yang mengikuti pola hidup hedon biasanya berlebihan ketika melakukan sesuatu. Seperti belanja berlebihan, menggunakan barang berlebihan, selalu mementingkan materi daripada hal lainnya, dan hanya mencari kepuasan diri sendiri sehingga sering berpikir pendek ketika melakukan sesuatu. Orang yang hedon juga dianggap tidak baik oleh banyak masyarakat karena hanya suka bersenang-senang dan membanggakan harta tanpa mengerti mengenai masalah dunia yang sedang terjadi. Oleh karena itulah orang yang seperti ini tidak baik terlebih ketika ia sudah dibutakan oleh harta dan hanya melakukan sesuatu sesuai dengan kesenangan berdasarkan materi. Bagi Anda yang ingin tidak ingin hidup berlebihan bisa untuk menghindari pola hidup hedon tersebut dengan beberapa tips seperti:

  • Memilih panutan yang tepat

Cara pertama agar Anda tidak hanya mementingkan materi dalam hidup adalah dengan memilih panutan atau role model yang tepat. Sekarang ini banyak orang yang mempertontonkan pola hidup hedonisme yang banyak disukai dan menjadi terkenal. Sehingga pengikutnya juga beranggapan bahwa hidup yang sempurna adalah kehidupan dari orang tersebut dan menjadikannya sebagai role model yang salah. Pentingnya memilih role model ini sangat penting sehingga Anda harus memilih role model yang tepat yaitu orang sederhana walaupun mempunyai banyak materi.

  • Membeli barang sesuai kebutuhan

Langkah yang paling mudah selanjutnya untuk dapat menghindari pola hidup yang hedon adalah dengan memikirkan terlebih dahulu ketika melakukan sesuatu. Dan yang paling penting adalah dengan Anda membeli sesuatu dari kebutuhan bukan hanya karena lapar mata dan untuk kesenangan. Karena apabila hanya berdasarkan keinginan Anda akan terjebak pada trend dan selalu mengeluarkan uang yang tidak perlu.

  • Banyak menolong orang lain

Dan cara selanjutnya agar tidak terjebak pada gaya hidup hedonisme adalah banyak menolong orang lain. Dengan peka terhadap permasalahan sosial yang terjadi baik disekitar Anda ataupun yang terjadi di negara lain dapat menumbuhkan jiwa empati dan juga peka untuk menolong orang lain. Hal tersebut juga menjauhkan Anda dari sifat dan gaya hidup hedon yang sekarang ini menjadi trend yang wajar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *