Cara Mengatasi Wifi Error Pada Macbook

Lowyat

Karena ketangguhannya serta fitur yang lengkap dan futuristik, laptop Macbook besutan Apple diminati oleh banyak orang. Selain itu, laptop ini juga jarang mengalami lagging layaknya laptop besutan Windows dan cenderung lebih enak untuk dioperasikan.Namun ada beberapa pengguna yang melaporkan laptop tidak bisa konek wifi karena alasan yang tidak jelas.

Mengingat harga Macbook cukup mahal, permasalahan ini akan cukup membuatmu gigit jari. Namun, kamu tidak perlu panik, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi laptop tidak bisa konek wifi. Apa sajakah itu? Simak cara mengatasi wifi error untuk MacBook dengan OSX Lion dan juga sistem operasi yang lebih lama di bawah ini:

Memeriksa sambungan jaringan wifi

Sebetulnya, bisa saja masalah jaringan ini tidak berasal dari laptopmu, tetapi dari sambungan antara laptopmu dan wifi. Maka dari itu, sebelum memperbaiki laptopmu, periksa apakah wifimu sudah bekerja dengan baik. Bila laptopmu dihubungkan dengan modem menggunakan kabel, pastikan kabelnya tidak rusak. Cek dengan menggunakan tethering dari ponsel untuk memastikannya.

Namun bila ternyata sambunganmu baik-baik saja, maka masalahnya berasal dari laptop. Nah, lakukan cara mengatasi wifi error berikutnya untuk mengatasi hal tersebut.

Memastikan perangkat lunakmu sudah diperbarui

Masalah wifi bisa berasal dari perangkat lunak alias software yang usang. Nah, cek apakah perangkat lunak dari Macbookmu sudah diperbarui atau belum. Bila belum, maka setujui pembaruan perangkat lunak pada Macbookmu.

Pembaruan perangkat lunak bisa memakan waktu singkat, bisa juga memakan waktu yang cukup lama. Hal ini tentunya tergantung pada seberapa banyak perangkat lunak yang diperbarui di Macbook-mu. Bila perangkat lunak yang diperharui hanya sedikit, maka pemasangan berjalan dengan singkat. Namun bila tidak, maka pemasangan bisa berjalan cukup lama.

Menggunakan peraturan perangkat yang direkomendasikan

Sesuai dengan petunjuk dari support.apple.com, masalah wifi ini bisa terjadi lantaran kamu belum mengatur perangkat sesuai dengan rekomendasi dari Apple. Seperti inilah pengaturannya:

-Nama jaringan SSID/Wifi: unik (hindari nama-nama yang umum yang membuat wifi menjadi susah mendeteksi jaringan yang ada.

-Jaringan tersembunyi: pilih non-aktif, karena jaringan yang tersembunyi tidak akan terdeteksi

-Filter alamat MAC: non-aktif. Bila aktif, maka akses ke jaringan pun akan terbatas

-Fitur keamanan: WPA2 Pribadi

-Mode radio 2,4 GHz: Otomatis/ 802.11n/ac

Nah, petunjuk pengaturan lainnya dapat kamu cari di situs pendukung Apple. Pastikan kamu telah memenuhi semua pengaturan yang ada, ya.

Melihat layanan lokasi pada MacBook

Kamu sedang bepergian ke luar negeri dan menemukan masalah wifi error semacam ini? Nah, sebaiknya kamu mengaktifkan layanan lokasi pada MacBook sesuai dengan negara yang kamu datangi. Seperti ini proses aktivasinya:

  1. Klik pada menu Apple, kemudian pilih preferensi sistem
  2. Klik keamanan&privasi, masukkan password
  3. Kemudian, pilih Layanan Lokasi
  4. Jangan lupa untuk mengaktifkan layanan lokasi
  5. Pada daftar aplikasi dan lauanan, pilih jaringan wifi pada dialog detail

 

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki wifi di laptop Macbook. Sebetulnya, laptop Macbook amat jarang mengalami kerusakan di bagian wifi. Paling-paling, hanya pengaturannya saja yang harus diubah atau disesuaikan dengan kondisi serta tempatmu tinggal. Nah, periksa semua pengaturan di laptop Macbook-mu dengan cermat dan pastikan semuanya sudah diatur sesuai dengan panduan yang ada pada situs Apple yang resmi. Setelah itu, jangan lupa untuk memuat ulang laptopmu, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *