Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Dalam perencanaan keuangan, ada tiga cara untuk mendapatkan penghasilan bagi seseorang. Pertama adalah bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Bekerja dapat dilakukan dengan menjadi karyawan ataupun menjadi pekerja mandiri seperti profesi artis, dokter, dan sebagainya. Penghasilan juga dapat diperoleh dengan acara atau bisnis. Jika Anda juga mengelola bisnis tersebut, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan dari keuntungan usaha sekaligus mendapat gaji sebagai pengelola. Dan yang terakhir adalah mendapatkan warisan atau hibah. Dari ketiga cara di tersebut, yang paling popular adalah dengan bekerja. Namun, kita tidak tahu kapan kita akan memasuki usia tidak produktif yang membuat kita tidak lagi bisa bekerja. Oleh sebab itu, sebagai strateginya adalah dengan menambah penghasilan. Penghasilan tambahan ini nantinya akan menjadi bekal di hari tua. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa Anda jadikan sumber penghasilan.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Bekerja Sebagai Freelance Writer

Tarif yang dikenakan untuk sebuah tulisan biasanya adalah per satu kata atau bisa juga per kata. Begitu pula dengan penerjemah. Saat ini kegiatan sampingan ini bisa menjadi profesi yang menjanjikan bagi setiap orang. Jasa penulis seperti penulis artikel, penulis berita otomotif ataupun olahraga akan sangat diperlukan oleh beberapa perusahaan yang aktif secara online.

Menjadi Guru Les Bahasa Inggris dan Matematika

Memiliki keahlian di bidang Bahasa Inggris dan Matematika? Mengapa tidak mencoba untuk menjadi guru les? Kedua mata pelajaran ini biasanya sangat dibutuhkan setiap orang. Anda bisa memulai dari bisnis dari rumah, mendatangi rumah-rumah ataupun melalui IELS online. Mulai promosikan kepada anak-anak usia sekolah di sekitar Anda dan juga secara online.

Membuka Garage Sale

Jika Anda memiliki barang-barang yang tidak dipakai namun masih memiliki kualitas yang bagus, tidak ada salahnya untuk menjualnya kembali. Buat satu tempat khusus di depan rumah atau tempat yang lapang dan beri tulisan ”Garage Sale” dengan harga yang miring. Dari kesekian barang tersebut tentu harus dijual dengan harga diskon besar seperti 25% hingga 50%.

Membuka Usaha Kuliner

Pekerjaan di bidang kuliner masih menjadi pekerjaan yang dapat mendatangkan pemasukan yang cukup maksimal. Makanan dan minuman adalah kebutuhan primer setiap manusia. Terlebih lagi jika makanan ini cukup popular dan memiliki rasa yang enak. Anda bisa memulai jualan makanan dan minuman dengan membuka toko kecil di depan rumah. Jika sudah memiliki modal cukup, Anda bisa membuka kafe atau kedai yang menjual aneka ragam menu.

Menjual Buku dan Pakaian Bekas

Anda bisa melihat ke tempat penyimpanan buku-buku lama dan pakaian yang sudah tidak terpakai. Daripada dibiarkan tidak terawatt begitu saja, lebih baik menjadikannya dalam bentuk uang dengan cara dijual. Harga buku bekas biasanya berbentuk kiloan, namun untuk buku-buku karangan tertentu juga masih memiliki harga yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *