Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif Agar Karyawan Tetap Produktif

Memiliki perusahaan dan memimpin banyak karyawan membuat Anda sebagai atasan memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan dan membawa perusahaan dan karyawan ke arah yang lebih baik. Selain melakukan perencanaan dalam bidang produksi atau perdagangan sesuai dengan jenis perusahaan, Anda juga harus memperhatikan masalah interen seperti yang ada di lingkungan kerjaLingkungan tempat bekerja adalah titik awal keberhasilan perusahaan Anda dimana dari sanalah kinerja dilakukan hingga memberikan hasil. Untuk hasil yang positif, diperlukan lingkungan yang juga positif atau kondusif bukan hanya untuk para tamu namun juga karyawan.

Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif Agar Karyawan Tetap Produktif 

Dengan suasana yang nyaman dan aman untuk bekerja, para karyawan akan bisa melakukan kerjanya dengan maksimal dan sesuai job disk masing-masing. Inilah yang menjadi salah satu tanggung jawab atasan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung keberhasilan perusahaan. Bagi Anda para pimpinan yang saat ini merasa masih memiliki lingkungan kerjanya yang kurang mendukung, ada baiknya memperhatikan kembali point-point berikut ini untuk mengevaluasi kembali:

  • Peraturan untuk karyawan.

Setiap perusahaan wajib memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh para karyawan tanpa memandang jabatan mereka. contohnya adalah jam kerja, jam istirahat, cara pengajuan cuti atau lembur dan sebagainya. Peraturan tak boleh berat sebelah atau memihak salah satu kalangan agar menimbulkan suasana kerja yang adil.

  • Kebersihan dan keamanan.

Suasana kantor atau pabrik yang bersih dan aman akan memberikan rasa nyaman saat bekerja. Pastikan ada karyawan yang khusus memiliki jobdisk kebersihan dan keamanan termasuk di area parkir dan kamar mandi. Lingkungan kerja yang bersih dan aman juga akan menjadi nilai lebih Anda di mata para tamu dan kolega.

  • Jenjang karir terbuka.

Memiliki banyak karyawan diperlukan adanya jenjang karier untuk menambah semangat bekerja. Lakukan pengangkatan jabatan dengan cara adil agar semua karyawan merasa sama-sama memiliki kesempatan untuk promosi.

  • Menerapkan prinsip profesionalisme.

Berikan contoh mengenai keprofesionalisme dalam melakukan pekerjaan di lingkungan kantor dan pabrik. Sangat penting untuk memberikan training pada karyawan baru agar memiliki etos kerja yang sama dengan para senior. 

  • Lakukan kegiatan bersama.

Keakraban di antara rekan kerja sangatlah penting untuk menumbuhkan rasa kebersamaan. Untuk menggalakannya, lakukan kegiatan bersama seperti liburan bersama, gathering dan acara pesta non formal lainnya di hari-hari besar. 

Dengan melakukan point-point di atas diharapkan Anda akan bisa memberikan lingkungan kerja yang baik dan kondusif untuk para karyawan bekerja secara maksimal. Dengan lingkungan yang mendukung, kinerja karyawan juga akan meningkat karena dilakukan dengan nyaman dan profesional. Jangan ragu untuk meminta masukan dari para karyawan yang bekerja mengenai apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan rasa nyaman di lingkungan kantor ataupun pabrik untuk kemajuan bersama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *