Cara Cerdas Menghemat Tagihan Listrik Agar Tidak Boros

Menghemat tagihan listrik yang semakin hari semakin tinggi tentunya haruslah dilakukan setiap penghuni rumah agar penghasilan yang didapatkannya tidak hanya habis untuk membayar listrik saja. Hidup dijaman sekarang yang dipenuhi dengan kecanggihan teknologi dan kemudahan, maka menjadikan para masyarakat harus berjuang untuk meminimalisir penggunaan listrik sebaik mungkin.

Cara Cerdas Menghemat Tagihan Listrik Agar Tidak Boros 

Ada banyak sekali kebutuhan di dalam rumah yang menggunakan aliran listrik, sehingga hal inilah yang menjadikan para masyarakat setempat haruslah lebih cerdas dalam hal mengatur penggunaan listrik rumahnya agar tagihan yang harus dibayarkannya tidak membuat keuangannya menipis. Ada beberapa langkah yang dapat untuk Anda ikuti agar tagihan pembayaran listrik dapat berkurang:

  • Dapatkan audit energi.

Banyak perusahaan utilitas menawarkan audit energi rumah gratis kepada pelanggan, dan itu layak dimanfaatkan. Jika tidak ada program semacam itu di daerah Anda, lakukan audit energi Anda sendiri. Ini akan mengarahkan Anda ke area di mana Anda dapat memangkas penggunaan energi Anda.

  • Instal sakelar dimmer.

Kunci untuk menghemat tagihan listrik ada dalam jangkauan yaitu dengan beralih ke switch dimmer, jadi Anda hanya menggunakan cahaya sebanyak yang Anda butuhkan.

  • Jagalah lemari es dan freezer Anda.

Setiap orang selalu memberitahu Anda untuk menjaga lemari es tetap tertutup. Tapi tahukah Anda bahwa menjaga lemari es dan lemari es penuh juga dapat menghemat uang? Makanan bertindak sebagai insulasi dan mengurangi waktu yang dibutuhkan kulkas untuk tetap dingin.

  • Jaga sirkulasi udara.

Jaga sirkulasi udara di rumah Anda, sehingga AC Anda tidak harus bekerja keras. Kurangi penggunaan AC Anda dengan menutup tirai dan tirai di sisi cerah rumah Anda. Untuk penghematan lebih banyak lagi, pertimbangkan untuk memasang kaca film yang tinted.

  • Matikan yang tidak perlu.

Pada siang hari, sebaiknya Anda mematikan lampu rumah Anda, gunakan lampu disaat malam hari saja. Saat malam hari menjelang tidur pun Anda juga dapat menghemat listrik dengan mematikan lampu yang tidak perlu. Selain itu jangan gunakan barang elektronik yang tidak Anda gunakan, misalnya radio, televisi, DVD atau yang lainnya. 

Energi yang digunakan oleh elektronik rumah dikonsumsi ketika mereka dimatikan, termasuk televisi, pemutar DVD, stereo, komputer, dan banyak peralatan dapur yang pada dasarnya apa pun yang memiliki waktu atau pengaturan lain. Solusi sederhana? Tancapkan semua item elektronik ke dalam strip daya, kemudian, biasakan mematikan strip antar penggunaan.

Lampu LED menggunakan energi jauh lebih sedikit daripada lampu pijar. Matikan lampu yang paling banyak digunakan di rumah Anda. Kemudian, ganti sisanya saat mereka terbakar. Cara terbaik agar AC rumah Anda tidak bekerja terlalu keras yaitu dengan menanam pohon untuk memayungi rumah Anda, dan AC Anda tidak harus bekerja sekeras mungkin. Itulah 5 cara untuk menghemat tagihan listrik rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *