Cara Cerdas Membelanjakan Uang Bagi Para Mahasiswa Agar Terhindar dari Krisis Akhir Bulan

Memasuki bangku perkuliahan tak bisa dipungkiri jika seandainya ada banyak sekali diantara anak-anak yang mulai lepas dari orang tua mereka, datang ke tempat yang baru untuk menuntut ilmu. Dimana nantinya mereka diberikan sebuah kepercayaan tersendiri untuk mengatur semua urusan hidup, mulai dari tempat tinggal sendiri dan juga biaya hidup. Setiap orang tua tentunya akan memberikan jatah sekali dalam sebulan pada saat ini Anda dipercaya untuk bisa membelanjakan uang tersebut dengan baik.

 Cara Cerdas Membelanjakan Uang Bagi Para Mahasiswa Agar Terhindar dari Krisis Akhir Bulan

Sehingga nantinya tak akan menyebabkan terjadinya masalah keuangan, namun faktanya di saat usia masih terbilang labil, tak bisa dipungkiri jika seandainya godaan ada dimana-mana. Bahkan terkadang tidak sampai satu minggu uang bulanan yang dipercayakan tersebut akan langsung habis tanpa sisa. Hal ini mungkin juga sering terjadi pada Anda bukan. Untuk itulah maka berikut ini diantara beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatur keuangan bagi para mahasiswa agar terhindar dari krisis di akhir bulan, yaitu:

  1. Catat terlebih dahulu jenis-jenis pengeluaran pokok Anda, untuk para mahasiswa yang baru saja belajar untuk hidup mandiri mungkin akan sok jika jenis pengeluaran ragamnya begitu banyak, mulai diantaranya adalah bayar sewa kos, kemudian juga ada biaya untuk makan sampai dengan kebutuhan listrik, air dan sejenisnya, catat semuanya terlebih dahulu dan prioritaskan untuk membayar yang paling penting terlebih dahulu.
  2. Pilih tempat belanja yang murah, pastinya ada banyak sekali pusat perbelanjaan, super market atau sejenisnya di kawasan Anda berdomisili bukan, apalagi jika seandainya itu adalah pusat belajar. Jadi jika ingin membelanjakan uang agaknya bisa banding-bandingkan terlebih dahulu mana yang tawarkan harga lebih murah dibandingkan dengan belanja di tempat yang mahal.
  3. Sebisa mungkin hemat untuk biaya makan, salah satu jenis biaya yang paling menguras anggaran tak lain adalah kebutuhan makan atau biaya hidup. Apalagi bagi mereka yang sudah terbiasa dengan gaya hidup mewah dan dilayani. Jika ingin lebih hemat alangkah baiknya untuk memasak sendiri dibandingkan dengan membeli jadi.
  4. Usahakan untuk tetap menabung, sekecil apapun jatah bulanan Anda atau sebanyak apapun pengeluaran Anda, namun menabung ini agaknya menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, tak perlu menabung terlalu banyak, cukup dengan jumlah sedikit namun rutin, maka nantinya hal ini bisa dijadikan sebagai dana darurat Anda.
  5. Cari alternatif untuk dapatkan pemasukan tambahan, caranya bisa dengan bekerja sambilan, seperti ikut program part time, menjual makanan ataupun sejenisnya. Ini akan sangat membantu keuangan Anda dan keluarga, selagi pekerjaan tersebut nantinya tak mengganggu kuliah Anda.

Mudah bukan, dengan cerdas membelanjakan uang untuk para mahasiswa maka akan sangat meringankan beban keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *