Cara Aman dan Tips Berinvestasi Saham agar Maksimal

Sebagai calon investor, hal mendasar yang harus Anda miliki sebelum menanamkan dana di pasar modal adalah kemauan belajar tentang saham sekaligus mengenali tipe profil risiko investasi Anda. Rajin-rajinlah membaca informasi dari berbagai media entah internet, buku, majalah keuangan, hasil riset lembaga keuangan atau berkonsultasi dengan penasihat investasi. Jika Anda tidak paham mengenai produk investasi yang ada jangan berani-berani membelinya karena hanya akan merugikan Anda. Untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian Anda simak tips berinvestasi saham berikut.

Cara Aman dan Tips Berinvestasi Saham agar Maksimal

Bentuk transaksi jual beli saham

  • Menggunakan jasa pialang saham atau sales broker

Untuk berhubungan dengan sales broker Anda dapat melakukan transaksi melalui telepon. Sehingga Anda dapat berkonsultasi langsung sekaligus diberi arahan skema transaksi trading.

  • Online trading melalui perusahaan broker

Transaksi bisa Anda lakukan melalui aplikasi software yang diberikan broker untuk trading. Fleksibilitas ruang dan waktu trading menjadi Kelebihannya karena Anda akan terbantu dalam menentukan waktu terbaik jual atau beli dan memperhitungkan hold.

Pasar modal menawarkan transaksi saham yang beragam dengan minimal pembelian 1 lot yang terdiri dari 100 lembar saham.  Anda bisa mengkalkulasi biaya baik saat membeli maupun menjual sahamnya nanti. Tips berinvestasi ini bisa Anda lakukan untuk penjualan saham agar mendapatkan laba jika posisi lebih tinggi harga jual termasuk biaya di dalamnya.

Hal yang Harus Anda Pahami

Tips persiapan sebelum membeli Saham

Terlebih dahulu kenali bisnis yang dijalankan dan saham perusahaan yang akan dibeli. Semakin banyak informasi yang diperoleh, maka semakin banyak pula pertimbangan. Selain itu, pastikan berpikir rasional, logis dan realistis. Selalu pertimbangkan risiko, untung dan rugi yang akan dihadapi. Jangan terburu-buru membeli saham yang murah. Sebab, biasanya saham murah menandakan jika perusahaan tersebut sedang bermasalah. Jadi, hindari tergesa-gesa saat berinvestasi.

Tips ketika sudah berinvestasi

  • Jangan terlambat melangkah. Semakin awal memulainya maka akan semakin baik.
  • Ketikan sudah terjun dalam bisnis ini, haram untuk diam saja mengingat bursa tidak memberi jaminan investasi akan selalu naik.
  • Jangan terlalu berspekulasi. Sebaiknya jangan menanamkan seluruh dana Anda pada 1 investasi yang spekulatif.
  • Jangan terlalu sering bertransaksi untuk menghindari beban biaya bertransaksi dan terjebak kondisi psikologis pasar. Sehingga justru menjual saat harga murah dan membeli saat harga mahal.
  • Sebaiknya dengan kurun waktu setahun investasikan dana Anda pada beberapa jenis investasi, lalu lanjutkan dalam jangka panjang, seperti 5 hingga 10 tahun. Sebab, risiko kerugian akan semakin minim jika waktu berinvestasi semakin lama.
  • Sesuaikan bursa tempat Anda akan bermain saham dengan jenis investasi yang dipilih. Jangan lupa untuk mempelajari cara mengelola keuangan pribadi sebelum memutuskan berinvestasi lengkap dengan cara menyeimbangkan antara pemasukan dengan pengeluarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *