Begini Loh Cara Mengetahui Hamil atau Tidak Menggunakan Tespek!

( Foto : Wordpres )

Bagi para pasangan yang sedang menanti kehadiran momongan, momen menunggu hasil tespek merupakan momen yang seru. Biasanya tes kehamilan menggunakan tespek dilakukan setelah adanya keterlambatan periode datang bulan. Padahal sebenarnya cara mengetahui hamil atau tidak bisa dilakukan lebih awal, dengan cara memperhatikan tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang mungkin muncul di antaranya mual, emosional, bengkak pada payudara, mudah letih, dan ciri-ciri lainnya yang secara lebih jauh dapat dicek di https://review.bukalapak.com/mom/hamil-atau-pms-nih-ini-7-tanda-awal-kehamilan-yang-wajib-kamu-tahu-16743.

 

Pembuahan sel telur terjadi pada beberapa hari setelah periode menstruasi terakhir. Jika pembuahan berhasil maka tak lama setelah itu sebetulnya kehamilan telah terjadi dan usia kehamilan mulai terhitung.

 

Pengetesan menggunakan rata-rata tespek, lebih akurat jika dilakukan setelah terlambat datang bulan. Walaupun ada beberapa merk tespek yang mengklaim kemampuannya dalam mendeteksi kehamilan lebih awal, sekitar 2 minggu setelah menstruasi terakhir. Jadi tidak perlu menunggu terlambat datang bulan.

 

Namun beberapa produk tespek dengan kemampuan seperi ini memiliki harga di atas harga tespek rata-rata.Untuk produk yang peka terhadap 10 mlU/ml hormon hCG, maka pengecekan sudah dapat dilakukan setelah 7 hari berhubungan.

 

Prinsip dasar dari tespek adalah mendeteksi keberadaan hormon hCg. Hormon ini merupakan hormon yang hanya dihasilkan plasenta pada saat indung telur yang telah dibuahi berhasil menempel di dinding rahim.

 

Kadar hCg dalam tubuh ibu hamil dapat mendeteksi usia kandungan. Berikut adalah angka normal kandungan HcG dalam tubuh ibu hamil sesuai dengan usia kandungan :

– Usia kandungan 3 Minggu : 5 – 50 mIU/L

– Usia kandungan 4 Minggu : 5 – 400 mIU/L

– Usia kandungan 5 Minggu : 20 – 7300 mIU/L

– Usia kandungan 6 Minggu : 1000 – 56000 mIU/L

– Usia kandungan 8 Minggu : 7500 – 220000 mIU/L

 

( Foto : Tesco Baby )

Tespek merupakan alat tes kehamilan yang hanya dapat digunakan satu kali. Oleh karena itu untuk menghindari kesalahan dalam penggunaannya berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dari penggunaan tespek, yaitu ;

– Jangan buka kemasan almunium jika strip tidak langsung digunakan,

– Jangan sentuh area pengujian strip,

– Simpan pada suhu kamar,

– Hindari dari paparan matahari langsung,

– Hanya untuk pemakaian luar,

– Hanya dapat dilakukan untuk satu kali test.

 

Cara menggunakan tespek yang berbentuk strip adalah dengan cara menampung urin di sebuah wadah, celupkan strip ke dalamnya selama 30 detik. Angkat strip dan diamkan selama 1 sampai 3 menit. Setelah itu hasil sudah dapat dilihat, jika terdapat 1 strip berwarna merah muda berarti negatif, namun jika muncul 2 garis berwarna merah muda artinya positif hamil.

 

Selain cara di atas untuk beberapa produk tespek yang sudah lebih canggih. Cara mengetahui hamil atau tidak sudah tidak perlu repot repot menampung urin. Cukup dengan membiarkan ujung tespek terkena kucuran air seni, lalu diamkan beberapa saat maka hasilnya akan muncul.

 

Hasil yang ditunjukanpun lebih dari sekedar strip satu ataupun strip dua, melainkan keterangan dalam bentuk digital bertuliskan “yes” atau “no”. Bahkan sebuah merk tespek dari Amerika dapat sekaligus memberikan informasi berapa perkiraan umur kandungan. Namun apapun merk tespek yang digunakan yang terpenting adlaah pemeriksaan lanjutan ke dokter atau bidan. Penting sekali hal ini dilakukan untuk lebih memastikan lagi status dan kondisi kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *