Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Sebagai Anak Kos?

Anak kos selalu identik dengan kehidupan yang pas-pasan dan seseorang yang berusaha keras untuk survive dari kehidupan yang serba kekurangan. Tidak heran jika kita bisa menjumpai banyak lelucon atau meme yang mengangkat topik anak kos. Namun, jangan pandang remeh kehidupan anak kos, karena justru ini adalah ajang untuk melatih diri agar mampu bertahan tanpa bantuan ari orang tua. Masa-masa ini biasanya juga disebut transisi untuk hidup yang lebih baik. Bagi anak kos sendiri, mengatur keuangan tidak bisa dibuat main-main karena dapat memunculkan masalah keuangan yang berat di lain hari.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Sebagai Anak Kos?

Berhemat dan Selalu Disiplin Agar Keuangan Aman

Pekerjaan mengelola dan mengatur keuangan bagi para anak kos tidaklah mudah. Terutama jika Anda memiliki kebiasaan boros dalam membelanjakan uang bulanan. Biasakanlah diri berhemat dan disiplin sedari dari rumah, sehingga saat Anda mulai belajar mandiri dan mengatur segala sesuatunya sendiri ada baiknya untuk cermat mengelola keuangan sebaik mungkin.

Selalu Membawa Uang Pas Saat Bepergian

Ini menjadi peringatan penting, sebab jika Anda termasuk orang yang sulit mengontrol diri ketika berhadapan dengan berbagai barang yang menggoda, maka seberapa banyak uang yang dibawa akan mudah dibelanjakan. Tentu lebih baik membawa uang secukupnya dibandingkan dalam jumlah besar yang malah membuat kewalahan untuk menahan nafsu belanja yang selalu menggebu. Selain itu, usahakan untuk tidak membawa kartu ATM agar tidak mudah tergoda untuk menarik uang dan membelanjakannya.

Maksimalkan WiFi Gratis

Bagi Anda yang masih kuliah, menyelesaikan tugas-tugas kuliah di kampus adalah solusi terbaik. Anda bisa memanfaatkan WiFi gratis yang tersedia, sehingga memangkas pengeluaran biaya internet Anda. Atau jika Anda adalah pegawai kantor, selesaikan pekerjaan di kantor. Dengan begitu, pengeluaran yang biasa Anda keluarkan untuk membeli paket internet, kini dapat berkurang.

Selalu Mencuci Pakaian Sendiri

Meskipun Anda bisa menemukan tempat laundry yang murah misal Rp 6,000.- atau Rp 7,000.- / kg. Akan jauh lebih baik jika pengeluaran ini ditabung. Bisa dibayangkan jika Anda menggunakan jasa laundry 4 kali dalam sebulan dengan masing-masing 3 kg cucian, maka Anda bisa mengeluarkan biaya hingga Rp 72,000.-/bulannya. Biaya tersebut jauh lebih mahal dari harga sabun yang bisa Anda gunakan untuk mencuci selama satu bulan.

Membawa Bekal Makan dan Minuman Sendiri

Anda hanya harus terbiasa dan rela membawa bekal air minum saja dari kosan, sehingga bisa meminumnya kapan pun. Ini untuk menghindari membeli minuman kemasan di minimarket ataupun toko. Meskipun harganya sendiri terbilang murah, jika dalam satu bulan Anda mengakumulasinya, pengeluarannya akan cukup banyak. Sama halnya dengan makanan, sebagai solusi, Anda bisa memasak di kosan, dan membawa bekal ke kampus maupun kantor daripada terbiasa jajan di luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *