Ajarkan Anak Aktif Bergerak dengan Olahraga Sepak Bola

Melihat teknologi yang semakin berkembang menjadikan kemudahan bagi semua orang di masa modern ini. Sebut saja teknologi pada smartphone yang kian hari kian canggih saja. Tak hanya orang dewasa, namun anak-anak pun juga banyak yang memainkan smartphone. Tapi karena itu pulalah anak masa kini jadi minim bergerak. Oleh karena itu sebagai orang tua pun wajib memotivasi anak agar mau bergerak mengingat dirinya sedang dalam masa tumbuh kembang. Jangan sampai anak hanya terdiam di depan layar smartphone saja seharian, misalnya dengan mengajaknya main sepak bola bersama.

Pada orang dewasa, disarankan untuk bisa bergerak secara aktif paling tidak 2,5 jam per minggunya. Sedangkan untuk anak dan remaja di kisaran usia 5 sampai 18 tahun untuk bergerak setidaknya 1 jam per hari secara aktif. Dengan aktif bergerak, maka akan banyak manfaat yang didapatkan oleh anak tersebut. Berikut ini beberapa manfaat yang perlu diketahui

  • Anak akan memiliki berat badan yang ideal dan mampu terhindar dari obesitas. Hal ini lantaran obesitas merupakan ancaman dimana bisa jadi awal penyakit berbahaya seperti kolesterol, hipertensi hingga diabetes dan jantung.
  • Membantu anak dalam memperkuat dan menyehatkan otot dan tulang di masa pertumbuhannya.
  • Anak pun akan bisa terbangun rasa percaya dirinya.

Tentunya untuk mendapatkan semua manfaat itu, orang tua tidak hanya bisa berdiam diri saja. Orang tua pun juga harus andil untuk menggerakkan anak secara aktif. Terkadang diamnya anak dan kecanduan dirinya pada smartphone juga merupakan kesalahan orang tua yang memilih jalan pintas ketika menenangkan anak yang rewel dengan langsung memberikan smartphone. Oleh karena itu ubah kebiasaan sekarang dan mulailah ajak anak untuk bergerak.

Baca Juga:Trik Jitu Untuk Mengembangkan Keterampilan Sepakbola untuk Pemula

Berikut ini beberapa tips yang bisa jadi cara untuk orang tua dalam menggerakkan anak:

  • Jadikan aktivitas olahraga tersebut serupa dengan permainan. Dengan cara ini maka ini akan membuat anak merasa bersemangat dan senang. Anda bisa melakukan permainan misalnya sepak bola di halaman rumah.
  • Banyak juga anak yang kurang suka dengan olahraga pada umumnya. Oleh karena itu orang tua juga harus aktif mengajaknya bergerak misalnya seperti menari, berlari atau berenang sesuai kesukaannya. Berikan Ia kesempatan memilih dengan Anda memberikan permainan yang variatif.
  • Beraktivitas hanya dengan Anda mungkin kerap membuat anak menjadi bosan. Untuk itu ada baiknya jika Anda mengajak anak bermain bersama teman lainnya sehingga kian ramai.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak bisa lebih aktif bergerak. Anak tak bisa bergerak dengan sendirinya sehingga orang tua perlu kreatif untuk mengajaknya lebih aktif. Banyak pilihan aktivitas yang bisa jadi pilihan mulai dari sepak bola, berenang, berlari dan masih banyak lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *