Agar Tidak Kebablasan, Inilah Langkah Terbaik dalam Mengatur Anggaran Hobi Anda!

Setiap orang pastinya memiliki satu buah hal atau kegiatan yang sangat disukainya, misalnya ada beberapa kalangan yang senang sekali membaca, mengoleksi kendaraan, travelling ataupun sejenisnya, hal semacam ini dikenal juga sebagai hobby. Bahkan saking senangnya dengan satu hal, maka banyak diantaranya yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk menunjang kebutuhan tersebut. Anggaran hobi ini sudah pasti wajib untuk Anda kelola dengan tepat, karena jika tidak maka bisa jadi uang yang Anda keluarkan hanya untuk hal-hal semacam ini juga jadi begitu besar.

 Agar Tidak Kebablasan, Inilah Langkah Terbaik dalam Mengatur Anggaran Hobi Anda!

Tak jarang beberapa orang yang justru rela menumpuk hutang hanya untuk menunjang kebutuhan hobby tersebut. Lalu bagaimanakah cara dalam mengelola anggaran hobi dengan benar, berikut ini yang wajib Anda lakukan agar tidak sampai kebablasan, diantaranya adalah:

  1. Bedakan antara anggaran untuk hobby dan juga untuk kebutuhan utama, hal penting yang harus Anda ingat adalah bisa membedakan antara uang yang dipakai untuk kebutuhan pribadi atau yang sifatnya memang wajib dan juga yang digunakan untuk kebutuhan hobby ini. Ketika Anda tidak bisa membedakannya, maka siap-siap kedua jenis biaya tersebut akan bercampur menjadi satu.
  2. Ingat bahwa uang hobby bukanlah uang tabungan, inilah hal yang paling sering dilakukan oleh masyarakat, kesalahan yang pada dasarnya memang cukup fatal dimana mereka menyamakan antara uang tabungan dan juga hobby, padahal belum tentu semua yang menjadi tabungan Anda harus digunakan untuk hobby, jika berpikir demikian maka siap-siap saja semua tabungan Anda akan habis untuk hobby.
  3. Batasi anggaran untuk hobby Anda, berilah anggaran yang pasti pada pengeluaran hobby, jika biasanya setiap seminggu sekali harus selalu membeli 2 atau bahkan 3 buah buku, berarti satu bulan ada 12 hingga 16 koleksi buku baru, dengan memiliki anggaran yang sudah ditentukan, maka sebisa mungkin nantinya Anda akan mencari sebuah alternatif untuk dapatkan buku dengan harga yang jauh lebih murah, sesuai budget tersebut.
  4. Bergabunglah dalam sebuah komunitas hobby yang sama, mencintai hal-hal yang sama biasanya akan membuat kedekatan dengan sebuah kelompok tertentu. Dengan bergabung pada sebuah komunitas, maka memungkinkan Anda untuk saling berbagi pengalaman yang sama dan juga menyenangkan, selain menambah teman, nyatanya dengan bergabung pada sebuah forum atau komunitas tertentu memungkinkan Anda dapatkan informasi mengenai penjualan barang-barang berbau hobby yang lebih murah harganya, juga mungkin pinjam-meminjam barang tersebut.

Mudah bukan, jadi tak perlu takut lagi nantinya anggaran hobi akan menguras kantong Anda, asalkan pintar-pintar dalam mengelolanya saja. Jika sudah berbicara mengenai hal yang satu ini beberapa kalangan terkadang memang sudah tak terkendali dalam mengeluarkan biaya, asalkan senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *