8 Daftar Pengusaha Kaya di Indonesia

Salah satu topik yang selalu menjadi daya tarik yaitu daftar perusahaan atau orang-orang terkaya di dunia. Bisa masuk dalam daftar tersebut merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang di dunia. Inilah 8 pengusaha kaya di Indonesia.

8 Daftar Pengusaha Kaya di Indonesia

Budi dan Michael Hartono

Tampaknya, bisnis rokok masih sangat berjaya di Indonesia. Sebagai pemilik perusahaan rokok kretek, Djarum, Hartono bersaudara menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia. Selain itu, mereka juga memiliki saham PT Bank Central Asia Tbk sekitar 50 persen. Total kekayaan yang dimiliki mencapai 32,3 miliar dollar AS.

Eka Tjipta Widjaja

Bisnis utama yang digeluti yaitu kertas, jasa keuangan, properti, dan agribisnis. Sebagai orang terkaya kedua di Indonesia, ia memiliki jumlah kekayaan sebesar 9,1 miliar dollar AS. Eka Tjipta Widjaja merupakan sosok kuat di balik suksesnya PT Sinar Mas Group. Selain itu, ia juga mempunyai pabrik teh sekaligus perkebunan hingga 1.000 hektar.

Sri Prakash Lohia

Selanjutnya, ada Sri Prakash Lohia dengan kekayaan sekitar 6,4 miliar dollar AS. Ia adalah pendiri dan ketua Indorama Corporation, sebuah perusahaan petrokimia dan tekstil.

Boenjamin Setiawan

Dalam industri farmasi, Anda pasti tidak asing dengan produk Fatigon Viro, Mixagrip Anak Sirop, Irex.

Boenjamin Setiawan bersama dengan lima saudaranya berperan sebagai pemrakarsanya. Bahkan, kekayaan yang dimiliki telah mencapai 3,65 miliar dollar AS.

Chairul Tanjung 

Si anak singkong ini telah sangat terkenal. Ia termasuk pengusaha kaya dan pernah memiliki jabatan sebagai Menko Perekonomian 2014 lalu. Perusahaan yang ia miliki, yaitu CT Corp, telah mempunyai sejumlah anak perusahaan, diantaranya Bank Mega, CT Global Resoursec, dan Trans Corp. Total kekayaan yang dimiliki mencapai 3,6 miliar dollar AS.

Dato’ Sri Tahir 

Ia merupakan salah satu pengusaha kaya yang bergelut dengan holding company hingga mempunyai sejumlah unit usaha. Kekayaanya mencapai 3,5 miliar dollar AS. Harta ini didapatkan karena ia merupakan investor, pendiri, filantropis, dan pengusaha dari Mayapada Group. Kesuksesannya telah dirintis sejak 1986. Salah satu perusahaan yang terkenal adalah Bank Mayapada.

Mochtar Riady 

Apa yang pertama kali terbesit di pikiranmu saat mendengar kata “Lippo”? Selain itu, juga tidak asing dengan Hypermarket dan Matahari Department Store. Mochtar Riady mendirikan Lippo Group sejak 1950. Bahkan, kemudian berkembang jadi holding company menjadi sejumlah negara.

Ia bahkan tercatat mempunyai kekayaan mencapai 3 miliar dollar AS.

Jogi Hendra Atmadja

Memang mengejutkan, Jogi Hendra Atmadja sebelumnya berada di peringkat ke-25. Kini, kekayaan yang dimiliki mencapai 2,7 miliar dollar AS. Padahal sebelumnya di angka 850 juta dollar AS. Ia merupakan komisaris utama dari PT Mayora Indah Tbk. Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis produk konsumen di Indonesia sejak 1977.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *