6 Strategi Meningkatkan Prestasi Kerja yang Bisa Menunjang Karir

Menjelang akhir tahun, biasanya orang-orang membuat daftar resolusi yang akan mereka wujudkan di tahun akan datang. Apalagi jika menyangkut rencana hidup jangka panjang, seperti resolusi untuk meningkatkan prestasi kerja. Namun sebelum melakukan hal tersebut, pahami dulu cara Anda melihat pekerjaan, apakah Anda menganggapnya sebagai panggilan hati atau hanya sekadar pekerjaan biasa.

6 Strategi Meningkatkan Prestasi Kerja yang Bisa Menunjang Karir

Untuk mengenalinya pun mudah, jika Anda fokus dengan gaji, kompensasi, jenjang karir dan jabatan yang akan Anda peroleh, maka dipastikan Anda melihatnya sebagai pekerjaan. Tetapi jika Anda mengesampingkan persoalan uang, jabatan dan hanya fokus pada menikmati pekerjaan itu sendiri, maka Anda melihatnya sebagai panggilan hati. Apapun perspektif Anda, namun bila masih merasa tak puas dengan prestasi kerja, lakukan hal berikut ini

Menciptakan tantangan

Tak perlu menunggu kesempatan datang jika Anda ingin menantang diri dalam mencapai prestasi kerja. Agar lebih optimal, Anda bisa menciptakan tantangan untuk diri sendiri dengan cara aktif terlibat dalam sebuah proyek yang bisa mamacu diri lebih baik. Lakukan secara bertahap dengan mulai mengerjakan proyek kecil hingga proyek besar yang berisiko tinggi. Dengan melakukan sesuatu yang Anda sukai, apalagi jika berhasil, maka akan menumbuhkan kepercayaan diri dalam bekerja.

Membantu rekan kerja

Kesuksesan seseorang tidak bisa lepas dari bantuan seorang mentor atau seseorang yang lebih berpengalaman di bidangnya. Oleh karena itu, ketika Anda telah berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tak ada salahnya membantu rekan kerja yang masih memiliki pengalaman minim dengan bertindak sebagai tentor yang memberikan pengarahan. Membantu rekan kerja, apalagi jika berada dalam satu tim tidak akan mengurangi keahlian Anda, justru dengan hal tersebut Anda bisa meningkatkan prestasi kerja dan membuat Anda merasa bangga terhadap diri sendiri.

Jangan monoton

Melakukan rutinitas yang itu-itu saja akan membuat Anda merasa bosan dan merasa tak tertantang. Jika sudah seperti ini, sebaiknya bicaralah pada atasan Anda dan minta ia untuk melibatkan Anda dalam suatu proyek atau tugas lain. Selain bisa meningkatkan prestasi kerja, dengan melakukan hal tersebut, Anda juga memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk mencoba hal baru.

Belajar dari kesalahan

Jangan pernah memberi kesempatan kepada kegagalan untuk mengalahkan Anda, terutama jika disebabkan oleh kesalahan yang berulang kali terjadi. oleh karena itu, saat Anda berbuat kesalahan dalam pekerjaan, pastikan Anda belajar dari kesalahan tersebut sehingga usaha Anda dalam meningkatkan prestasi kerja bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Bersyukur

Biasakan untuk selalu merasa bersyukur terhadap apa yang sudah Anda dapatkan dalam pekerjaan. sikap bersyukur seperti ini, akan membantu Anda tetap fokus terhadap nilai postif karir sehingga prestasi kerja Anda kedepannya bisa meningkat, atau setidaknya bisa bertahan dengan baik.

Menjaga passion

Merasa tidak puas dengan pekerjaan atau karir adalah suatu hal yang wajar. Namun, Anda juga harus realistis karena dalam meningkatkan prestasi kerja Anda harus mempertahankan passion di dalam diri. terutama jika passion tersebut berhubungan dengan dunia kerja. Untuk itu, sempatkan melakukan hobi atau aktivitas yang Anda senangi di luar jam kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *