6 Sosok Pemimpin Dunia Terkejam yang Pernah Ada

Menjadi sosok pemimpin pastinya menjadi cita-cita setiap orang, karena selain nama besar maka akan menaikkan derajat mereka. Hanya saja tanggung jawab sebagai seorang pemimpin juga begitu besar, untuk membawa rakyatnya menuju sebuah kemajuan. Namun tak semua pemimpin dunia memimpin rakyatnya dengan cara yang baik atau lembut, tak jarang mereka memimpin secara kejam atau istilah lainnya adalah diktator.

 6 Sosok Pemimpin Dunia Terkejam yang Pernah Ada

Jenis kepemimpinan seperti ini nyatanya memang sering kali terjadi di beberapa negara. Berikut ini diantaranya daftar pemimpin dunia terkejam sepanjang sejarah, diantaranya adalah:

  1. Adolf Hitler, siapa yang tidak mengenal nama yang satu ini, bahkan beberapa orang yang mendengar namanya akan bergidik karena kekejaman yang dilakukan di masa lalu, kekejaman dari pemimpin Nazi Jerman ini terbukti dengan adanya pembantaian setidaknya 11 juta orang, dimana 6 juta diantaranya merupakan kaum Yahudi. Bahkan Adolf Hitler ini merupakan sosok yang menyeret perang dunia II dan setidaknya menyebabkan 70 juta korban jiwa.
  2. Mao Zedong, setidaknya ada sekitar 45 juta orang yang tewas pada masa kepemimpinan Mao Zedong ini, mulai karena program politiknya yaitu ‘lompatan jauh kedepan’, hingga terjadinya revolusi kebudayaan, semuanya termasuk program yang banyak membunuh nyawa masyarakat Tiongkok kala itu.
  3. Josef Stalin, setidaknya ada sekitar 20 juta orang mati di campnya sekitar 31 tahun kekuasaan dari Stalin ini, apalagi ia juga dikenal sebagai sosok yang sering kali berperilaku kasar terhadap bawahannya.
  4. Pol Pot, sosok lain pemimpin yang terkejam di dunia adalah Pol Pot yang merupakan seorang pemimpin gerakan Khmer Merah di negara Kamboja, setidaknya hanya membutuhkan waktu sekitar 4 tahun saja ada 1 juta penduduk Kamboja yang tewas karena gerakan tersebut. Bahkan setelah dilengserkan dari gelarnya sebagai Perdana menteri ia kemudian melancarkan sebuah serangan gerilya dari hutan kamboja, hingga kemudian ajal menjemput Pol Pot ini di tahun 1998.
  5. Saddam Hussein, namanya bahkan masih sering didengar hingga saat ini, ia adalah sosok pemimpin yang menewaskan hingga 300.000 warga Kurdi di tangan pengikutnya. Karena bertanggung jawab atas kematian warga Kurdi tersebut, Saddam kemudian digulingkan pemerintahannya oleh Amerika Serikat dan dijatuhi hukuman gantung.
  6. Idi Amin, sosok presiden ketiga Uganda ini membunuh lebih dari 250.000 penduduk melalui berbagai cara, diantaranya adalah penyiksaan, pembersihan etnis dan masih banyak lagi diantaranya, hingga kemudian ia dikenal sebagai sosok ‘jagal Uganda’. Namun setelah lengser ia melarikan diri ke negara Arab Saudi, tinggal di sebuah hotel yang mewah dan menikmati sebuah fasilitas yang ada di sana sampai ajal menjemput.

Itulah beberapa sosok pemimpin dunia terkejam yang pernah ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *