6 Rahasia Cerdas Bagi Ibu Rumah Tangga dalam Membelanjakan Uang Agar Terhindar dari Krisis

Mengatur keuangan keluarga bagi seorang ibu rumah tangga merupakan sebuah kewajiban atau peran utama mereka, agar nantinya keluarga tak mengalami hal yang bernama krisis, apalagi kondisi ekonomi atau keuangan memang pada dasarnya adalah hal yang paling sensitif untuk dibahas. Banyak diantara pasangan baru menikah yang memutuskan untuk bercerai karena hal sepele yang satu ini. yaitu tak pandai dalam membelanjakan uang sehingga menyebabkan terjadinya masalah rumah tangga.

 6 Rahasia Cerdas Bagi Ibu Rumah Tangga dalam Membelanjakan Uang Agar Terhindar dari Krisis

Padahal sebenarnya jika Anda pintar-pintar dalam mengelola keuangan, maka gaji dalam jumlah berapapun yang diterima akan tetap cukup untuk memenuhi semua jenis kebutuhan keluarga. Berikut ini diantaranya ada beberapa tips membelanjakan uang untuk rumah tangga agar tidak bangkrut, diantaranya adalah:

  1. Belanja sebisa mungkin di tempat yang berikan harga murah, contohnya adalah dibandingkan ke sebuah super market, maka lebih baik berbelanja di pasar, mengapa demikian? Karena harga barang-barang yang ditawarkan di pasar memang pada dasarnya jauh lebih murah dibandingkan dengan super market.
  2. Buat daftar belanjaan terlebih dahulu, salah satu kelemahan bagi kaum hawa ketika sudah pergi belanja adalah terkadang pasti membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Untuk mencegah hal tersebut, maka Anda bisa menyiasatinya dengan membuat daftar belanja terlebih dahulu, sehingga apa yang dibutuhkan terpenuhi dan tidak keluar dari konteks yang sudah ditentukan.
  3. Belanja dengan uang tunai, pada dasarnya memang lebih disarankan bagi Anda untuk belanja menggunakan uang tunai dibandingkan dengan kartu kredit, selain berbicara mengenai kemudahan karena setiap toko menerima, juga nilai yang dibayarkan jauh lebih murah, mengingat tak perlu ditambah dengan suku bunga hasil kredit tersebut.
  4. Pastikan perut kenyang ketika sedang berbelanja, mengapa demikian? Karena lapar perut bisa menjadi penyebab lapar mata saja, ketika seseorang dalam kondisi lapar umumnya cenderung senang berbelanja berbagai jenis barang yang sebenarnya juga tidak terlalu dibutuhkan, jadi pastikan makan terlebih dahulu.
  5. Jangan belanja di saat terdesak, ketika dalam kondisi terdesak atau terburu-buru umumnya wanita akan asal pilih barang dan tidak mempertimbangkan nilai atau tawaran harganya sama sekali. Padahal bisa jadi ada toko lain yang menawarkan barang dengan harga yang jauh lebih murah.
  6. Jangan mengajak anak ketika belanja, karena jika sudah membawa anak-anak, selain menjadi kurang fokus, biasanya ada banyak tambahan barang lain layaknya makanan atau juga mainan yang harus ikut dibeli, tentunya akan menambah beban pengeluaran bukan.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba dalam membelanjakan uang bulanan sehingga terhindar dari krisis rumah tangga. Dengan memiliki keahlian mengelola keuangan secara baik, maka Anda bisa menjadi sosok wanita yang sempurna untuk pasangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *