6 Langkah Membersihkan Makeup dengan Benar dan Tepat

Bagi para wanita kebutuhan untuk merias diri terutama wajah menjadi sangat penting, terutama untuk aktifitas formal yang menuntut wajah untuk terlihat enak dipandang. Tak sedikit wanita yang mengaplikasikan makeup pada wajahnya agar penampilan terlihat lebih sempurna. Setelah selesai beraktivitas seharian, kulit wajah juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Untuk itu penting untuk membersihkan sisa kosmetik pada wajah terutama jika akan menjelang tidur. Membersihkan wajah dari sisa kosmetik yang dipakai bisa menghindarkan kulit wajah dari penyumbatan pori-pori kulit yang akan memicu berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, kulit berminyak hingga iritasi kulit wajah.

6 Langkah Membersihkan Makeup dengan Benar dan Tepat

Kulit wajah sangat sensitif dibandingkan dengan kulit tubuh lainnya. Untuk itu perlu perawatan yang baik dan benar. Membersihkan sisa kosmetik di wajah dengan benar menjadi poin utama yang harus dicermati oleh wanita. Karena setiap bagian pada wajah mempunyai perlakuan yang berbeda untuk cara membersihkannya, terutama area mata. Untuk itu perlu cara yang tepat dan benar untuk membersihkan wajah dari sisa kosmetik.

Berikut ini beberapa langkah membersihkan makeup dengan mudah dan tepat yang bisa dipraktekkan sehari-harinya, yaitu:

Baca Juga:Tips Bijak Memilih Makeup Natural yang Aman Digunakan

  1. Pastikan tangan kita bersih saat membersihkan sisa riasan, untuk itu cuci tangan terlebih dahulu dengan air sabun hingga benar-benar bersih dari kotoran yang menempel. Hal ini dimaksudkan agar tangan yang digunakan untuk membersihkan riasan di wajah tidak membawa kotoran yang menempel pada alat-alat pembersih kosmetik.
  2. Sebelum mulai membersihkan riasan, kompres wajah dengan menggunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam dalam air hangat. Peras handuk kemudian tempelkan pada permukaan wajah. Hal ini untuk memudahkan terbukanya pori-pori kulit wajah, sehingga sisa riasan kosmetik mudah terangkat.
  3. Bersihkan sisa kosmetik pada bagian mata terlebih dahulu, seperti eye liner, maskara, dan eye shadow. Untuk membersihkan bagian mata harus lebih detail dan secara perlahan sehingga tidak akan meninggalkan sisa kosmetik sedikitpun. Area mata terkenal sangat sensitif, sisa kosmetik dapat menyebabkan masalah seperti kulit berkeriput dan kering. Kita bisa menggunakan baby oil, minyak almond, atau minyak zaitun untuk membersihkan di area mata.
  4. Selanjutnya mulai bersihkan wajah dari bagian tengah, pipi, dagu, kemudian leher. Gunakan produk pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulitmu. Alternatif lain bisa gunakan jus mentimun atau campuran antara yogurt dengan susu.
  5. Setelah semua proses ini selesai, bilas wajah dengan menggunakan air bersih. Gunakan air dingin untuk menutup pori-pori wajah kembali.
  6. Wajah yang sudah bersih bisa dikeringkan dengan menggunakan handuk yang bertekstur lembut. Caranya cukup tepuk-tepukkan secara perlahan pada wajah. Jangan biasakan untuk mengelap wajah secara kasar dengan handuk.

Setelah seluruh proses membersihkan sisa riasan atau makeup selesai dilakukan, gunakan krim khusus untuk menjaga kelembutannya. Bagaimana, cukup mudah bukan langkah-langkah cara membersihkan yang dipaparkan tadi? Untuk itu jangan malas untuk membersihkan wajah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *