5 Tokoh Wanita Inspiratif yang Menjadi Tonggak Perubahan Dunia

Siapa bilang wanita adalah kaum lemah yang hanya bisa berlindung di belakang tubuh laki-laki, ungkapan yang satu ini sudah tak berlaku lagi di zaman modern seperti sekarang ini, mengingat tentunya Anda sudah tau bahwa banyak diantara negara yang memberlakukan adanya emansipasi wanita atau kesetaraan gender, dimana nantinya derajat kaum hawa sebanding dengan laki-laki, sehingga membuatnya juga tak lagi dipandang sebagai kaum yang lemah. Bahkan banyak diantara wanita inspiratif yang tak kalah dibandingkan dengan pria.

 5 Tokoh Wanita Inspiratif yang Menjadi Tonggak Perubahan Dunia

Mereka menciptakan banyak sekali perubahan di dunia ini. berikut ini diantara sosok-sosok wanita inspiratif yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai panutan agar lebih sukses kedepannya, diantaranya adalah: 

  1. Mother Teresa, nama yang satu ini pastinya sudah sering kali Anda dengar bukan, mengingat ia adalah seorang biarawati yang memiliki misi yaitu untuk memberikan perlindungan kepada orang yang sudah tidak memiliki siapa-siapa, sehingga pada tahun 1979 Mother Teresa pernah mendapatkan sebuah Nobel.
  2. Cleopatra, bisa dikatakan bahwa ia sosok pemimpin wanita pertama yang ada di dunia, Cleopatra sudah dinobatkan sebagai ratu bahkan sejak usia 18 tahun, dengan kecantikan yang dimilikinya, ia bisa dengan mudah mendapatkan perhatian dari laki-laki yang berebut ingin meminangnya. Namun sebisa mungkin ia terus berusaha melindungi negerinya yang ingin direbut oleh pasukan Romawi, hingga bunuh diri dengan membiarkan ular cobra menggigit tubuhnya.
  3. Rosa Parks, wanita yang satu ini memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap kesetaraan HAM dan juga gender. Ia sendiri sebenarnya adalah seorang aktivitas Afrika-Amerika yang membela kelompok etnis seperti diantaranya adalah negro atau orang-orang dengan kulit hitam. Ia merupakan seorang pionir dalam gerakan persamaan hak antara pria maupun wanita.
  4. Ratu Elizabeth, selama kurang lebih 45 tahun kepemimpinannya merupakan saat dimana Inggris mengalami kemakmuran secara ekonomi. Tak hanya itu Inggris juga mengalami perkembangan kesusastraan yang begitu tinggi, bahkan armada lautnya juga menjadi yang nomor satu di dunia. Ia bisa menangani masalah luar negeri dengan baik dan juga luwes. Ratu Elizabeth 1 ini juga bisa merampungkan ‘Perjanjian Edinburg’ yaitu perdamaian antara Inggris dan Skotlandia.
  5. Malala Yousafzai, ia begitu dikenal pada saat terjadi pemberontakan di Taliban, karena berusaha untuk mendorong anak-anak perempuan di Pakistan agar mendapatkan pendidikan, bahkan ia pernah ditembak. Ia juga wanita yang menerima hadiah Nobel termuda dari PBB.

Sosok-sosok wanita inspiratif seperti inilah yang patut untuk dijadikan sebagai role model Anda. Apalagi di zaman sekarang ini wanita memang bisa berkreasi, mendapatkan hak pendidikan dan juga semua hal yang sama seperti halnya seorang laki-laki, tak seperti zaman dulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *