5 Tips Cerdas Merencakan Liburan Akhir Tahun

Untuk para pekerja yang banyak menghabiskan waktu di kantor, liburan panjang merupakan momen terbaik untuk melepas penat karena kesibukan yang super padat. Terlebih lagi jika momen tersebut dihabiskan bersama keluarga atau teman-teman dekat. Walaupun liburan akhir tahun masih lama, namun tidak ada salahnya jika Anda mulai merencanakannya mulai dari sekarang.

5 Tips Cerdas Merencakan Liburan Akhir Tahun

Selain bisa membuat rencana liburan semakin matang, Anda juga bisa menyiapkan budget liburan dengan cara menabung. Agar nantinya liburan Anda bisa semakin seru, makan ada baiknya untuk menyimak beberapa tips berikut ini

Tentukan Waktu dan Lamanya Liburan

Langkah pertama yang harus Anda siapkan dalam merencanakan liburan akhir tahun adalah menentukan waktu keberangkatan dan berapa lama Anda akan menghabiskan waktu di tempat tujuan. Hal ini penting untuk dilakukan karena akan berdampak pada pemesanan tiket perjalanan hingga penginapan. Pasalnya apabila Anda membeli tiket pesawat atau memesan penginapan secara mendadak, maka biaya yang harus Anda keluarkan bisa lebih mahal dari dugaan Anda. Hal ini akan berdampak pada rencana keuangan yang Anda persiapkan untuk liburan.

Susun Bujet yang Dibutuhkan

Setelah waktu liburan akhir tahun sudah ditentukan, maka selanjutnya Anda bisa mulai menyusun rencana keuangan Anda dengan mempersiapkan budget liburan yang dibutuhkan. Persiapkan rencana keuangan secara rinci, mulai dari kebutuhan anggara untuk beli tiket pesawat pulang-pergi, biaya penginapan, akomodasi selama di lokasi liburan hingga budget untuk membeli ole-ole.  Pastikan untuk menekan biaya liburan sehemat mungkin agar Anda bisa mencegah terjadinya defisit keuangan pasca liburan

Pilih Tujuan Wisata yang Akan Dikunjungi

Agar waktu liburan akhir tahun Anda tidak habis sia-sia karena bingung memilih objek wisata mana yang harus disambangi, maka mulai dari sekarang Anda bisa melakukan riset mengenai tempat-tempat wisata yang seru untuk dikunjungi. Anda bisa mencari referensi di internet atau bertanya langsung ke teman-teman yang pernah mendatangi lokasi tujuan liburan Anda.

Persiapkan Transportasi dan Akomodasi Jauh-Jauh Hari

Mempersiapkan transportasi dan akomodasi beberapa bukan sebelum keberangkatan adalah poin penting yang harus dilakukan. Pasalnya membeli tiket pesawat dan hotel sejak jauh hari, memungkinkan Anda bisa mendapat harga yang lebih murah.  Tak hanya itu saja, Anda juga tidak perlu takut untuk kehabisan tiket maupun penginapan karena sudah banyak di-booking orang, terutama di musim liburan seperti liburan akhir tahun.

Mulai Menabung Agar Bujet Terkumpul

Jika semua rencana sudah tersusun secara matang dan terperinci, kini saatnya mulai mengumpulkan dana untuk liburan akhir tahun dengan menyisihkan 10% dari gaji. Tak hanya menabung, Anda juga bisa mempersiapkan dana liburan dengan melakukan investasi berkala. Semakin cepat memulai, maka semakin banyak pula uang yang bisa Anda kumpulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *