5 Rekomendasi Jajanan Pasar Indonesia yang Enggak Akan Terlupakan, Ada Pilihanmu?

Kamukah itu yang malam-malam begini sudah sibuk googling mencari cara buat kue cubit dan cetakan kue cubit? Wah, sepertinya kamu sedang rindu berat nih dengan jajanan pasar Indonesia. Yup! Jajanan pasar Indonesia memang enggak akan pernah ada matinya. Bukan hanya punya cita rasa yang khas, jajanan pasar Indonesia pun dibuat dengan cara tradisional serta bahan-bahan alami tanpa pengawet.

Enggak heran, cita rasanya yang khas pun berbanding lurus dengan kualitas gizi yang terkandung di dalamnya. Nah, buat kamu yang sedang kangen berat dengan jajanan pasar Indonesia, coba deh cek 5 rekomendasi jajanan yang kepopulerannya tak lekang oleh waktu berikut ini! Meski sudah ada sejak lama, kamu pun masih bisa dengan mudah menemuinya di pasaran. Well, let’s check it out!

#1 Getuk

Siapa sih yang enggak kenal dengan makanan paling khas Indonesia yang satu ini? Makanan yang berasal dari Jawa Tengah ini semula dibuat pada zaman pendudukan Jepang. Pada masa itu, beras yang merupakan makanan pokok Indonesia sulit didapat sehingga penduduk beralih memanfaatkan ketela dan singkong sebagai makanan pokok. Untuk memvariasikan rasa ketela tersebut, Mbah Ali Mohtar dari Desa Karet, Magelang, kemudian berinovasi membuat getuk. Hingga kini, usaha Mbah Ali Mohtar masih dilanjutkan oleh keturunannya.

Saat ini, ada dua jenis getuk yang bisa kamu temui di pasaran, yakni getuk kukus dan goreng. Namun, getuk kukus lebih populer karena cita rasa serta proses pembuatannya yang lebih sehat—tanpa menggunakan minyak. Biasanya, getuk kukus yang punya rasa sedikit manis disajikan bersama parutan kelapa yang gurih. Wuih, mantap!

#2 Klepon

Makanan yang populer di negara-negara kawasan Asia Tenggara ini juga mungkin berasal dari Jawa. Serupa dengan getuk, klepon juga disajikan bersama parutan kelapa. Bedanya, klepon terbuat dari tepung ketan yang kemudian dibentuk bulat-bulat. Uniknya, bulatan-bulatan klepon tersebut diisi dengan gula merah yang akan meleleh saat digigit. Pokoknya, nikmat deh!

 

#3 Nagasari

Berbeda dengan dua jajanan pasar sebelumnya, nagasari terbuat dari adonan tepung beras yang selanjutnya diisi pisang. Nagasari juga dibungkus menggunakan daun pisang yang sangat khas budaya tradisional Indonesia. Selain punya bentuk menarik, makanan yang resepnya diwariskan secara turun-temurun dan diketahui pasti dari mana asalnya ini juga punya rasa yang lezat serta tekstur yang kenyal. Hmm, yummy!

#4 Arem-Arem

Dari semua makanan berbahan dasar beras, arem-arem tetap enggak ada tandingannya! Makanan yang terbuat dari nasi dengan isi berupa campuran sayur, daging, sambal goreng ini dibungkus dengan daun pisang sebelum dikukus hingga matang. Awalnya, arem-arem merupakan jajanan khas Kota Kebumen. Namun, dari waktu ke waktu, makanan ini ini populer pula di berbagai kota lain, seperti Surabaya, Solo, dan Yogyakarta. Karena terbuat dari bahan dasar berupa nasi, jajanan yang satu ini sangat cocok dijadikan makanan berat sekaligus pengganjal perut saat kelaparan.

#5 Onde-Onde

Makanan berbentuk bulat serta bertabur wijen ini berasal dari Mojokerto. Bahkan, karena kepopulerannya, onde-onde kini menjadi salah satu ikon khas dan oleh-oleh paling digemari dari kota tersebut. Dibuat dari ketan dan diisi dengan kacang hijau manis, onde-onde sangat cocok menjadi camilan untuk menemani hari-harimu. Apalagi jika disajikan saat masih hangat, wah, rasanya enggak akan terlupakan!

Yup! Itulah 5 rekomendasi jajanan pasar Indonesia yang masih bisa dengan mudah kamu temui di pasaran hingga saat ini. Bagaimana? Ingin segera membelinya sekarang juga?

Sumber gambar:

https://ngalam.co/wp-content/uploads/2016/05/Empat-Nama-Jajanan-Pasar-Khas-Malang.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *