5 Fakta Tentang Esemka, Mobil Buatan Indonesia Asli

Mobil buatan asli Indonesia yang bernama mobil Esemka tengah masuk dalam tahap produksi. Mobil yang diproyeksikan menjadi mobil nasional Indonesia ini dirakit di Boyolali, Jawa Tengah.

Produksi mobil Esemka dilakukan oleh PT Solo Manufaktur Kreasi dengan menggandeng Autocar Industri komponen. Setelah diumumkan akan diproduksi 3 tahun lalu, hingga kini belum terlihat ada progres maupun kegiatan dari pabrik mobil Esemka.

Padahal 8 tipe mobil Esemka telah lulus uji kelayakan dan akan dipastikan mendapat Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementrian Perhubungan. 4 tipe mobil akan diproduksi massal sedangkan 4 tipe lainnya tidak diproduksi massal karena memiliki standar Euro 2.

Kedelapan tipe mobil buatan Indonesia asli yang lulus uji kelayakan tersebut adalah

  1. Garuda I 2.0 (4×4) MT
  2. Bima 1.3 L (4×2) M/T
  3. Bima 1.0 (4×2) M/T
  4. Bima 1.3 (4×2) M/T
  5. Bima 1.8D (4×2) M/T
  6. Niaga 1.0 (4×2) M/T
  7. Borneo 2.7D (4×2) M/T
  8. Digdaya 2.0 (4×2) M/T

Jenis-jenis kendaraan tersebut terdiri dari mobil penumpang,  mobil kendaraan bak terbuka untuk angkut barang, kendaraan angkut dengan kabin ganda, dan minibus. Kendaraan-kendaraan tersebut sebagian dirancang akan menggunakan bahan bakar bensin dan sebagian lainnya solar.

Terdapat 5 fakta terkait mobil buatan Indonesia asli ini.

 

  1. Pernah Menjadi Mobil Dinas

Mobil Esemka tipe Garuda 1 mulai dilirik oleh masyarakat sejak Presiden Joko Widodo—yang kala itu menjabat sebagai Wali Kota Solo— menggunakan kendaraan tersebut sebagai kendaraan dinasnya dan Wakil Wali Kota.

Mobil yang saat itu digunakan tersebut merupakan hasil karya siswa-siswa SMKN 2 Trucuk, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Banyaknya media yang meliput penggunaan mobil Eseka membuat banyak permintaan mobil tipe SUV tersebut.

  1. Hasil Karya Anak Bangsa

Pada awal kemunculannya, mobil Esemka tipe SUV yang sedang dalam uji coba, dicurigai meniru  mobil Foday F22.  Hal tersebut terjadi karena bentuknya yang memiliki kemiripan hingga 90%.

Meskipun  demikian, hal tersebut dibantang oleh PT Solo Manufaktur Kreasi. Mobil berplat putih yang gambarnya beredar di Internet tersebut merupakan salah satu contoh yang dibuat karena melakukan kerja sama dengan perusahaan dari China.

Lebih lanjut ditegaskan bahwa mobil Esemka pasti akan menggunakan semua onderdil asli Indonesia dan pabrik produksi juga hanya akan mempekerjakan sumber daya manusia Indonesia, karena mobil Esemka merupakan proyek mobil nasional.

  1. Telah Lama Lulus Uji Kelayakan

Meski tidak banyak diliput media, ternyata 5 tipe mobil Esemka telah lama mendapat sertifikasi uji kelayakan, yaitu sejak tahun 2016.

Kelima tipe mobil tersebut adalah Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.8D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Borneo 2.7D (4×2) M/T, dan Digdaya 2.0 (4×2) M/T.

  1. Permintaan Tertinggi adalah Esemka Generasi III

Sukiyat, pencetus mobil Esemka memaparkan bahwa Esemka Gerasi III, berupa Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) ini akan diproduksi hingga 15.000 unit. Tingginya tingkat produksi karena banyak peminat yang memesan mobil tersebut.

Produk tersebut akan dijual dengan merk dagang Kiat Mahesa Wintor (KMW) dan baru akan mulai diproduksi pada Januari 2019.

  1. Rentan Dipolitisasi

Mobil ini sempat membuat nama Joko Widodo melambung dan sedikit banyak hal tersebut memengaruhi elektebilitas ia untuk maju menjadi Gubernur Jakarta hingga menjadi Presiden.

Oleh sebab itu, alih-alih mendukung  atau memberikan kritik agar hasil karya anak bangsa ini semakin bagus, pro-kontra yang timbul terhadap mobil ini justru dipengaruhi oleh pergolakan politik di Indonesia. Terlebih karena sebentar lagi akan diadakan pemilihan Presiden.

Paparan fakta-fakta di atas menunjukkan bahwa mobil Esemka dengan segala kelebihan dan kekurangannya masih harus menempuh jalan panjang untuk mampu bersaing di pasar otomotif Indonesia. Oleh sebab itu, butuh dukungan dari segala pihak agar mobil Esemka mampu menjadi mobil nasional.

Sumber gambar:

https://proxy.duckduckgo.com/iu/?u=http%3A%2F%2Fjanuar.staf.isi-ska.ac.id%2Ffiles%2F2012%2F01%2Fmobil-kiat-esemka-rajawali.jpg&f=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *