5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Selama Pacaran Agar Tidak Bangkrut

Sebagian banyak diantara anak muda saat ini pastilah memiliki kecenderungan berhubungan dengan lawan jenis atau melalui masa penjajakan layaknya pacaran terlebih dahulu sebelum mulai melangkah ke jenjang yang lebih serius layaknya pernikahan. Bahkan tak jarang diantaranya yang sering kali gonta-ganti pacar sebelum menemukan tambatan hati yang benar-benar tepat. Masa pacaran ini memang bisa menjadi saat yang sangat menyenangkan karena antara dua belah pihak yaitu pria dan wanita saling melengkapi, namun juga butuh pengeluaran. Karena untuk anak muda yang sudah di mabuk asmara terkadang kurang bisa mengatur keuangan mereka.

5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Selama Pacaran Agar Tidak Bangkrut 

Sering jalan bareng, makan bareng, nonton bareng dan sebagainya, hal tersebut membutuhkan pengeluaran yang jumlahnya tidak sedikit bukan. Padahal bisa saja jika nantinya Anda ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius maka ada banyak sekali biaya yang harus mulai dipersiapkan sedini mungkin, misalnya pernikahan yang memakan budget terbilang besar, belum lagi berpikiran memiliki rumah sendiri dan sebagainya. 

Untuk itulah maka berikut ini ada beberapa tips dalam mengatur keuangan selama pacaran untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius: 

  1. Jalan bareng boleh-boleh saja, namun pilihlah tempat yang tidak banyak menghabiskan budget. Ketika Anda ingin jalan bersama dengan pasangan, maka jangan hanya memilih tempat yang mahal karena gengsi, lebih baik cari tempat yang memang nyaman dan juga bagus untuk pacaran, namun tidak menghabiskan banyak uang.
  2. Dibandingkan harus makan diluar, apa salahnya makan saja di rumah bersama dengan keluarga dari pasangan, hal ini lebih menghemat biaya juga menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri atau lebih mengenal keluarga dari pasangan tersebut. Jikapun sekali-kali ingin kuliner, maka pilihlah tempat yang tidak terlalu mahal, contohnya sendiri adalah warung makan biaya, bukan restoran atau cafe.
  3. Patungan untuk biaya jalan atau mungkin makan, bukan berarti karena Anda adalah pria maka memiliki tanggung jawab untuk membayar biaya tersebut, padahal sebenarnya tidak, baik itu pria maupun wanita ketika ingin keluar bersama dan makan bersama, sebenarnya tak ada tanggung jawab seperti itu, apalagi saat masih pacaran, berbeda cerita jika sudah menikah nantinya. Lebih aman untuk patungan.
  4. Batasi waktu kencan, atau istilah lainnya adalah singkatkan waktu kencan Anda, jika biasanya paling tidak 3 kali dalam seminggu harus jalan bareng pasangan, maka mulai kurangi jadi 2 kali atau durasi waktunya yang dibatasi, semakin lama kencan semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan.
  5. Jika bisa miliki tabungan bersama, menabung untuk kebutuhan masa depan juga sangat penting guna biaya pernikahan dan juga persiapan berumah tangga sendiri.

Itulah cara mengatur keuangan selama pacaran yang bisa Anda coba terapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *