5 Cara Membelanjakan Uang Gaji Bulanan dengan Cermat

Kebanyakan masyarakat modern yang banyak tinggal di perkotaan selalu kesulitan dalam mengatur gaji bulanan. Gaya hidup yang cenderung suka berfoya-foya membuat Anda kerap membelanjakan uang secara boros. Tak heran jika baru di pertengahan bulan, Anda sudah kehabisan uang. Untuk menghindari hal buruk itu terjadi, maka ada baiknya Anda menyimak tips jitu dalam mengelola gaji bulanan berikut ini.

5 Cara Membelanjakan Uang Gaji Bulanan dengan Cermat

Buat Anggaran Bulanan

Membuat rencana anggaran bulanan dapat mencegah Anda membelanjakan uang secara boros. Mulailah menyusun daftar pengeluaran bulanan yang dibuat dalam dua bagian, yakni pengeluaran kebutuhan primer dan tersier. Usahakan untuk mengutamakan kebutuhan primer karena hal ini menyangkut kelangsungan hidup Anda seperti makanan, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan kendaraan lain sebagainya. Saat kebutuhan primer sudah terpenuhi, Anda bisa beralih ke kebutuhan tersier seperti liburan, belanja dan hang out dengan teman-teman. 

Segera Bayar Tagihan

Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah membayar semua tagihan, mulai dari tagihan listrik, telepon, cicilan dan sebagainya. Dengan mengutamakan kebutuhan utama tersebut, maka Anda tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu gaji Anda mendadak habis karena membelanjakan uang untuk kebutuhan lainnya.

Sisihkan untuk Tabungan

Sebelum menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan, sebaiknya pastikan dulu apakah semua kebutuhan sehari-hari Anda sudah terpenuhi. Jika sudah, maka Anda bisa menyisihkan uang tersebut untuk ditabung. Hal ini lebih bermanfaat daripada Anda harus membelanjakan uang untuk membeli baju atau sekadar minum kopi di cafe.

Buat Laporan Keuangan Harian

Saat membelanjakan uang, misalnya berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, ada baiknya untuk menyimpan struk belanja. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mencatat semua pengeluaran keuangan setiap harinya. Selain itu, cara ini juga ampuh membantu Anda dalam menganalisa barang apa saja yang sebenarnya tidak perlu dibeli di bulan yang akan datang.

Bijak Dalam Menggunakan kartu Kredit 

Kartu Kredit juga bisa membantu mengelola keuangan, namun dengan catatan jika Anda menggunakannya dengan cerdas. Misalnya dengan memanfaatkan promo yang diberikan pihak bank dalam membelanjakan barang-barang tertentu sesuai kebutuhan. Atau cara lain dengan mengalokasikannya untuk membayar semua tagihan yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Investasikan Sebagian Penghasilan

Daripada membelanjakan uang secara boros, ada baiknya jika kelebihan dana yang Anda miliki dialihkan untuk investasi, seperti asuransi ataupun membeli emas yang nilai jualnya selalu tinggi. Pasalnya dengan investasi, uang yang Anda simpan dalam bentuk lain dapat menguntungkan Anda di masa depan. Namun, sebelum melakukan investasi, pastikan jika kebutuhan sehari-hari dan tagihan bulanan Anda sudah terpenuhi secara menyeluruh. Jangan sampai Anda menghabiskan gaji Anda untuk investasi namun kebutuhan pokok Anda justru tidak terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *