4 Tips Aman Ketika Berada di Destinasi Liburan yang Rawan Gempa

Menghabiskan waktu liburan dengan berwisata adalah pilihan terbaik untuk melepas sejenak penat yang ada di kepala. Beberapa orang bahkan tak jarang diantaranya yang memilih untuk menghabiskan waktu liburan sampai ke luar negeri hanya untuk refreshing, namun tentunya budget yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi kawasan wisata luar negeri juga tak bisa dikatakan sedikit bukan. Anda bisa memilih destinasi liburan menarik di dalam negeri yang budgetnya lebih terjangkau.

 4 Tips Aman Ketika Berada di Destinasi Liburan yang Rawan Gempa

Hanya juga patut untuk diketahui bahwa beberapa waktu belakangan ini, beberapa kawasan yang ada di Indonesia memang tengah rawan dari ancaman bencana alam, seperti diantaranya adalah gempa, sehingga harus lebih selektif dalam memilih tempat tujuan wisata tersebut. Namun jika sudah terlanjur berada di destinasi liburan yang rawan bencana, seperti diantaranya adalah gempa bumi, maka berikut ini ada beberapa tips yang agaknya bisa Anda lakukan ketika tengah travelling, diantaranya adalah: 

  1. Tetap tenang, sudah menjadi hal wajar jika seandainya seseorang akan panik ketika berada di dalam kondisi gempa, namun sangat dianjurkan untuk tetap menenangkan diri, jangan panik, karena dengan panik justru akan membuat pikiran menjadi kacau dan bingung untuk melakukan langkah penyelamatan diri.
  2. Merunduk, berlindung dan tunggu, ini adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan ketika tengah berada di dalam sebuah gedung atau bangunan dan tidak sempat untuk keluar, yaitu dengan mencari furniture seperti diantaranya adalah meja dari kayu yang bisa melindungi agar tidak sampai tertimbun oleh reruntuhan bangunan, sehingga paling tidak Anda tetap bisa aman berada disana sampai nantinya bantuan datang.
  3. Berkumpullah di lapangan terbuka, sedangkan bagi yang berhasil keluar dari dalam gedung, maka disarankan untuk segera berlari menuju ke lapangan terbuka, karena ini adalah tempat yang paling aman untuk menyelamatkan diri dari berbagai macam kemungkinan, seperti diantaranya adalah bangunan yang akan tiba-tiba ambruk. Sebaiknya jika sedang mengendarai kendaraan maka hentikan langsung atau berbelok arah ke lapangan terbuka.
  4. Bagi yang sedang berada di kawasan pantai, sangat dianjurkan untuk menjauh dari sana, sebisa mungkin Anda harus mencari tempat yang lebih tinggi, karena besar kemungkinan nantinya gelombang laut akan bertambah tinggi dan menghantam daratan, apalagi jika seandainya gempa tersebut disebabkan oleh patahan dari dasar laut, maka berpotensi menyebabkan terjadinya tsunami.

Itulah beberapa langkah yang dapat dicoba ketika tengah liburan di kawasan yang terkena bencana alam seperti gempa. Namun memang lebih baik mencegah, diantaranya adalah memilih destinasi liburan yang kondisinya benar-benar aman. Jangan mencari masalah dengan datang ke tempat yang berbahaya, seperti beberapa kawasan di Indonesia seperti Lombok misalnya yang sekarang sedang rawan gempa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *