4 Persiapan Fisik Sebelum Bertanding Olahraga Futsal

Menyukai olahraga futsal membuat Anda yang super sibuk sekalipun akan menyiapkan waktu senggang untuk menikmatinya. Beberapa dari Anda tentu punya kesempatan untuk ikut pertandingan futsal baik skala RT maupun skala nasional. Menjadi sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri manakala hobi yang dimiliki bisa membuat Anda lebih berkembang. Awalnya hanya suka futsal kemudian rutin berlatih bersama rekan, lalu muncul kesempatan untuk masuk ke tim futsal profesional. Mulai dari sinilah kesempatan untuk mencicipi pertandingan futsal yang sebenarnya bisa dilakukan.

Ingin Raket Badminton Anda Lebih Awet? Ini Tips Mudah Merawatnya

Persiapan Fisik Sebelum Bertanding Futsal

Bagi Anda yang baru pertama kali merasakan pertandingan futsal yang sebenarnya, yakni yang diadakan secara profesional. Tentu sempat grogi dan untuk tampil maksimal perlu berbagai persiapan dan salah satunya adalah persiapan fisik dan mental. Khusus untuk persiapan fisik bisa dalam bentuk:

  • Memperhatikan asupan makanan,

Menjaga kesehatan tubuh untuk tampil maksimal saat pertandingan futsal adalah hal penting dan sifatnya wajib. Salah satunya dengan menjaga pola makan sehingga Anda perlu membiasakan diri menikmati makanan kaya nutrisi. Hindari dulu makanan junkfood dan perbanyak makanan rumahan dengan kadar gizi seimbang, supaya di hari H tubuh benar-benar siap diajak bertanding.

  • Hindari dulu minuman berenergi,

Beberapa orang sebelum mengikuti pertandingan olahraga futsal selalu mengkonsumsi minuman berenergi. Meski beberapa pemain futsal selalu melakukan kebiasaan ini namun sebenarnya tidak berdampak baik bagi kesehatan. Pasalnya dalam minuman berenergi tersebut tinggi akan kafein, yang sebenarnya bisa meningkatkan detak atau degup jantung. Bukan energi berlimpah yang akan didapatkan melainkan tubuh yang mudah lelah, sehingga permainan Anda tidak akan maksimal.

  • Menghindari makanan yang terlalu berat,

Menjelang pertandingan pastikan tubuh tidak makan makanan berat, misal seharian belum makan dan satu jam sebelum bertanding malah makan nasi beserta lauk pauknya. Jika dipakai bertanding dijamin akan membuat perut sakit dan lemas sebab metabolisme tubuh butuh waktu mencerna makanan tersebut. Ketika metabolisme ini bekerja dan tubuh sudah bergerak dengan tenaga keras maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dianjurkan untuk makan besar minimal dua jam atau lebih sebelum bertanding untuk memastikan perut tidak penuh dan tidak membuat tubuh berat.

  • Melakukan pemanasan,

Sebelum melakukan olahraga, baik latihan maupun pertandingan secara profesional tentu perlu didahulukan dengan pemanasan. Pemanasan ini tentu menjadi persiapan fisik yang wajib dilakukan sebelum bertanding futsal. Berkat pemanasan yang cukup suhu tubuh akan sedikit meningkat sehingga siap diajak bertanding hingga beberapa jam ke depan. Futsal yang membuat pemain berlari sepanjang pertandingan akan tetap bugar dan bebas resiko cedera karena tubuh sudah siap diajak bekerja keras. Maka sebelum melakukan olahraga futsal baiknya sempatkan diri melakukan pemanasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *