4 Latihan untuk Meningkatkan Stamina Saat Olahraga Futsal

Olahraga futsal merupakan jenis yang mempunyai peraturan dasar yang sama dengan bermain sepak bola. Tetapi futsal mempunyai beberapa perbedaan dari jumlah pemain yang bermain di lapangan, dari waktu permainannya yang lebih singkat, dan juga dari lapangan yang digunakan dimana lebih kecil dari lapangan sepak bola. Oleh karena itulah untuk lebih efektifnya banyak masyarakat dan pecinta bola yang bermain futsal karena juga lebih mudah mendapatkan lapangan futsal untuk bermain daripada lapangan sepak bola. Bagi pecinta futsal sendiri tentunya ingin mendapatkan stamina terbaik ketika bermain di lapangan. Sehingga perlu untuk latihan dan menggunakan beberapa trik agar mendapatkan stamina yang terbaik. Misalnya beberapa latihan rutin yang bisa digunakan sehingga mendapatkan stamina terbaik untuk bermain futsal adalah sebagai berikut ini:

 4 Latihan untuk Meningkatkan Stamina Saat Olahraga Futsal

  • Lari sprint

Jenis latihan pertama yang bisa dilakukan dengan rutin agar dapat meningkatkan stamina untuk bermain futsal adalah lari sprint. Anda bisa untuk melatih kemampuan untuk kuat berlari ketika bermain futsal dengan rajin lari sprint. Misalnya melakukan sprint dengan lintasan yang lurus dengan jarak 30 meter dan lakukan dengan rutin dan secepat mungkin. Akan lebih baik ketika melakukan sprint sebanyak tujuh kali dan berikan jeda untuk melanjutkannya sehingga tidak terlalu memaksakan latihan.

  • Latihan interval

Jenis latihan selanjutnya yang dapat untuk meningkatkan stamina untuk bermain olahraga futsal adalah latihan interval. Latihan jenis ini akan sangat efektif dan bermanfaat untuk dapat meningkatkan stamina sehingga menjadi lebih kuat. Dengan melakukan latihan interval dengan rutin tubuh akan lebih terbiasa untuk melakukan berbagai kegiatan fisik seperti bermain futsal yang membutuhkan banyak berlari di lapangan. Latihan interval ini bisa dilakukan dengan melakukan pemanasan setidaknya selama 15 menit, bisa untuk naik sepeda, dan juga melakukan berbagai kegiatan dengan kecepatan tinggi selama 3 menit. Lakukan latihan ini secara rutin sehingga mendapatkan tubuh yang bugar dan tetap sehat.

  • Olahraga kardio

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk dapat lebih kuat dan mempunyai stamina terbaik untuk bermain futsal adalah dengan melakukan olahraga kardio. Ada banyak manfaat dari olahraga kardio termasuk dapat untuk memompa darah ke tubuh selama bermain futsal. Pilihlah jenis olahraga yang disukai misalnya ada olahraga renang, lompat tali, bersepeda, dan juga jenis olahraga lainnya.

  • Latihan wall sit

Dan jenis latihan terakhir yang dapat untuk meningkatkan stamina saat olahraga futsal adalah latihan wall sit. Latihan wall sit ini dapat untuk mempunyai banyak manfaat yaitu dapat untuk melatih ketahanan pada bagian otot di area paha dan juga tungkai kaki. Cara melakukan latihan wall sit ini cukup mudah dengan berdiri membelakangi dinding, membuka kedua kaki, menurunkan tubuh dengan menekuk lutut dan angkat dan tubuh secara berulang-ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *