4 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Tagihan Listrik Membengkak

Hal yang paling berat dalam memenuhi kebutuhan bulanan adalah pembayaran tagihan rutin. Untuk Anda yang sudah memiliki penghasilan tetap, pastinya harus memenuhi kewajiban dalam membiayai hidup, terutama membayar tagihan seperti tagihan kartu kredit atau tagihan listrik yang dilakukan setiap bulan.

4 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Tagihan Listrik Membengkak

Pastinya tagihan tarif listrik yang Anda bayar tiap bulan selalu berbeda-beda tergantung dari pemakaian listrik Anda. Ketika tarif listrik Anda membengkak dan jauh berbeda dari tarif yang dibayar di bulan sebelumnya, membuat Anda mencurigai petugas listrik yang kurang teliti saat mengukur arus listrik di rumah. Nyatanya, hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan buruk berikut ini yang tanpa sadar sering Anda lakukan.

Membiarkan Lampu Menyala Setiap Saat

Salah satu penyebab mahalnya biaya tagihan listrik rumah Anda adalah karena pemakaian lampu yang berlebihan, seperti membiarkan lampu menyala secara terus-menerus padahal matahari sudah mulai muncul. Untuk itu, daripada Anda harus membayar tarif listrik yang mahal, maka gunakan lampu saat diperlukan saja. Dan pastikan untuk mematikan lampu di siang hari atau setiap kali bepergian supaya Anda bisa lebih hemat energi.

Tidak Mencabut Colokan Listrik

Mungkin tidak banyak yang tahu jika kebiasaan memasang colokan listrik secara terus-menerus pada alat-alat dapur seperti, rice cooker, dispenser, kulkas atau mesin pembuat kopi bisa menguras energi listrik yang ada di rumah. Akibatnya tagihan listrik Anda jadi membengkak. Oleh karena itu, akan sangat bijaksana bila Anda mencabut colokan listrik pada alat elektronik yang tidak sedang Anda gunakan.

Buka Tutup Kulkas Setiap Saat

Kebiasaan buruk selanjutnya yang bisa membuat tagihan listrik membengkak adalah membuka kulkas terlalu lama. Untuk itu, jika Anda ingin mengambil sesuatu dari kulkas, maka lakukan sekaligus untuk menghindar seringnya membuka dan menutup kulkas. Dengan demikian, tagihan tarif listrik yang harus Anda bayar dapat diminimalisir.

Menyalakan AC ke Suhu yang Terlalu Rendah

Pendingin ruangan atau AC jadi biang keladi dari tingginya tagihan listrik yang harus Anda bayar. Hal itu disebabkan karena arus listrik yang dibutuhkan untuk AC lebih besar jika dibandingkan dengan alat rumah tangga lainnya. Bayangkan pada satu unit AC, setidaknya membutuhkan arus 800 watt hingga ada yang mencapai 1000 watt. Bila dalam satu rumah terdapat dua unit AC, maka tak heran jika tarif listrik yang harus Anda bayar setiap bulannya jadi sangat mahal.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menyalakan AC pada saat benar-benar dibutuhkan saja dan mengatur suhu AC pada suhu normal saja, yakni 22 derajat celcius. Pasalnya semakin rendah pengaturan suhu yang Anda terapkan, maka akan membuat AC bekerja lebih keras dan tentunya juga membutuhkan arus listrik yang lebih besar pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *