3 Tips Ini Bantu Anda untuk Terbiasa Membaca

Semua orang tentu tahu manfaat besar dari kegiatan membaca sehingga banyak orangtua sudah sibuk memperkenalkan buku pada buah hatinya sejak batita. Apakah Anda juga demikian? Rupanya ketika rajin melihat isi sebuah buku maka besar kemungkinan akan memiliki otak yang cepat tanggap, alias cerdas. Fakta ini sudah dibuktikan dimana-mana sehingga banyak orang yang merasa IQ ataupun nilai akademiknya pas-pasan atau malah mengecewakan. Mencoba menggali manfaat tersebut dengan belajar lebih giat untuk menengok berbagai bahan bacaan.

3 Tips Ini Bantu Anda untuk Terbiasa Membaca

Agar Lebih Mudah Paham dengan Apa yang Dibaca

Meski kegiatan satu ini nampak sederhana aktualnya banyak yang tidak pernah paham apa yang berusaha dibaca. Mengapa bisa tidak membekas? Bisa jadi karena ada beban pikiran lain, kondisi lingkungan yang tidak mendukung, dan lain-lain. Supaya lebih mudah memahami apa yang telah dibaca maka simak tips berikut:

  1. Cobalah untuk lebih sering melahap bacaan apapun, sebab semakin sering maka akan semakin baik untuk kemampuan otak Anda.
  2. Kunjungi atau pilih tempat terbaik untuk aktifitas ini agar otak bisa lebih fokus ke isi buku.
  3. Cari buku yang Anda sukai agar lebih semangat memahami arti dari kalimat per kalimat.

Kegiatan membaca akan menjadi nyaman apabila Anda memiliki niat kuat untuk menekuninya, kemudian dijadikan hobi. Awalnya kegiatan ini mulai dilakukan untuk membantu mengasah kemampuan otak yang selama ini dirasa kurang maksimal. Namun lambat laun malah menyukai kegiatan ini kemudian menjadi addicted sehingga tertarik untuk melirik judul buku lain atau jenis buku lainnya. lewat buku yang disebut-sebut sebagai jendela dunia Anda akan mendapatkan banyak pengalaman seru selama menguras isi di dalamnya. Meski di awal rasanya sangat sulit namun kalau dimulai dari buku yang tepat hasilnya pun tidak akan mengecewakan.

Penting sekali untuk dipahami jika memilih buku baiknya disesuaikan dengan karakter, misal suka buku yang banyak gambarnya, memakai kertas tebal berkualitas, cover yang menarik, dan lain-lain. Temukan kriteria Anda, dan jangan dulu langsung memilih buku yang berat apabila kegiatan mengkritisi isi buku saja masih ogah-ogahan. Nantinya malah kesulitan untuk membiasakan diri mengenal buku jenis lainnya dan berhenti di tempat karena merasa kegiatan tersebut sangatlah monoton.

Dan yang tidak kalah penting adalah berusaha untuk dilakukan secara kontinyu, jadi bosan tidak bosan cobalah untuk melirik isi buku yang Anda punya. Baca hingga tuntas jangan setengah-setengah dan manfaat aneka jenis kudapan di rumah sebagai teman untuk melahap isi buku tersebut. Anda bahkan bisa mulai membiasakan diri dengan kegiatan kaya manfaat ini melalui koran harian. Jadi, tinggal manfaatkan koran yang diantar per hari ke rumah kalau terbiasa membaca media informasi ini perlahan akan melirik buku juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *