Home TIps dan Trik Tips dan Trik Membersihkan Kerak Gosong pada Panci

Tips dan Trik Membersihkan Kerak Gosong pada Panci

by Diane Lowe

Bagi para ibu rumah tangga, memasak merupakan suatu aktfitas yang pastinya sering dilakukan. Aktifitas ini tentunya akan semakin menyenangkan jika dilakukan di dapur yang bersih dengan peralatan dapur yang bersih pula. Akan tetapi tak dapat dipungkiri jika kerak gosong seringkali menjadi sesuatu yang menyebalkan bagi para ibu rumah tangga. Namun tak perlu khawatir karena berikut ini ada tips dan trik membersihkan kerak gosong pada panci sehingga panci pun bisa tampil bersih dan berkilau kembali.  

Air Soda

Tips dan trik pertama yang bisa dilakukan untuk membersihkan panci adalah dengan menggunakan air soda. Caranya adalah dengan menyemprotkan air soda pada bagian panci yang berkerak gosong. Tunggu selama satu sampai dua jam agar air soda meresap sehingga kerak gosong pada panci bisa mengelupas dengan mudah. Setelah satu hingga dua jam, bilas kerak panci yang sudah disemprot air soda menggunakan air yang mengalir, untuk mempermudah bisa dengan cara menggosoknya menggunakan spons kawat. .

Baking Soda

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Jika biasanya baking soda digunakan untuk membuat kue, ternyaa bahan ini juga bisa untuk membersihkan pancai atau wajan yang gosong. Caranya adalah dengan melarutkan baking soda menggunakan air hingga menjadi pasta. Oleskan pasta baking soda tersebut ke bagian panci atau wajan yang gosong menggunakan spon baja agar kerak panci bisa mengelupas, kemudian bilas menggunakan air yang mengalir.

Cairan Pencuci Piring

Cairan pencuci piring tentunya pasti dimiliki oleh setiap ibu rumah tangga. Untuk membersihkan kerak menggunakan cairan pencuci piring ini adalah dengan cara merendam panci berkerak ke dalam air panas terlebih dahulu kemudian campurkan dengan cairan pencuci piring. Tunggu selama 30 menit sebelum dibilas sambil digosong menggunakan spons kawat. Langkah terakhir adalah membilasnya menggunakan air yang mengalir.

Baca Juga: 5 Tips Rawat Dompet Kulit

Cuka

Baca Juga:   Ini Dia Tips Agar Tetap Untung Meski Jual Pulsa Murah

Selain baking soda, ada bahan dapur lain yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan kerak panci yang membandel, yaitu menggunakan cuka. Cara penggunaannya sama dengan air soda, yaitu dengan menyemprotkannya ke bagian panci yang berkerak gosong, diamkan selama satu jam kemudian gosok sambil diguyur menggunakan air yang mengalir.

Minyak Sayur

Minyak sayur ternyata juga menjadi salah satu bahan dapur yang bisa digunakan untuk membersihkan panci berkerak. Minyak sayur atau minyak goreng ini dipanaskan secukupnya kemudian siramkan ke bagian panci berkerak. Tunggu hingga lima belas menit kemudian gosok dan bilas dengan air hingga bersih.

Jeruk Nipis

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan adalah jeruk nipis. Air jeruk nipis ini bisa digosokkan secara langsung, atau digunakan sebagai campuran air panas untuk merendam panci

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk membersihkan kerak gosong yang membandel pada panci menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah dan di dapur.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More