Home TIps dan Trik Tips Belajar Menghadapi Ujian

Tips Belajar Menghadapi Ujian

by Diane Lowe

Sebenarnya menghadapi ujian termasuk salah satu masalah terbesar juga. Dikarenakan ketegangan yang dihadapi, seringnya kita mulai berpikir, bagaimana jika tidak lulus? bagaimana kalau gagal? Bagaimana jika tidak mengetahui jawabannya? Apa yang akan orangtua saya lakukan bila saya tidak mendapatkan nilai yang bagus? Hal – hal seperti ini yang sebenarnya menjadi benalu dalam pikiran karena seharusnya yang Anda lakukan adalah fokus pada pelajaran dan tak memusingkan hal lain. Di bawah ini akan dibagikan tips belajar yang akan membantu Anda melewati ujian yang akan Anda hadapi. Apa sajakah itu?

  • Berikan waktu yang cukup untuk Anda belajar. Tenggang waktu bisa satu minggu sebelum ujian tersebut dimulai, jadi, selama satu minggu, Anda belajar dengan pelajaran yang berbeda setiap harinya. Kemungkinan besar jika Anda belajar terlalu mepet atau dekat atau last minute, maka Anda akan panik dan tidak bisa belajar lebih banyak karena waktu yang terlalu sedikit.
  • Ketika Anda kesusahan menghapal atau mengerti sebuah pelajaran. Coba gunakan chart dan diagram. Pengelompokkan pembahasan per bab mungkin akan lebih gampang dimengerti daripada dengan menghapal seperti biasanya.
  • Latihan ujian soal – soal lama. Biasanya guru mempunyai salinan soal ujian beberapa tahun lalu, coba minta dan fotokopi kemudian pelajari di rumah. Biasanya, soal kurang lebih sama dengan soal ujian sebelumnya, namun bisa juga tidak karena perbedaan kurikulum. Kalaupun guru Anda tidak mempunyai salinannya, coba ulangi mempelajari pertanyaan dari tes yang sudah pernah diberikan guru Anda.

    Baca Juga: 4 Tips Belajar Membaca Puisi di Depan Umum Untuk Pemula

  • Ketika belajar sendiri bisa membuat Anda ngantuk. Coba buat waktu bersama teman- teman Anda dan belajar bersama. Karena terkadang saat belajar sendirian, mungkin Anda akan lupa dengan rumusnya dan kebingungan untuk bertanya dengan siapa, maka sahabat Anda mungkin bisa membantu. Belajar sambil bermain kedengarannya sangat asyik.
  • Belajar boleh saja asal mengenal waktu. Tidak ada gunanya belajar selama lebih dari belasan jam karena otak butuh istirahat juga. Bagi waktu Anda untuk belajar, kemudian istirahat kemudian belajar lagi agar otak yang rileks bisa lebih gampang menerima hapalannya.
  • Snack untuk asupan otak. Snack atau camilan biasa sangat membantu menyegarkan pikiran. Untuk Anda yang senang mengemil, jangan mengemil makanan yang berat misalkan nasi padang sambil belajar karena malah akan kesusahan. Camilan di sini dimaksudkan seperti kentang goreng, atau cokelat, permen, yang dipastikan tidak mengganggu jalannya proses belajar Anda.

Mungkin tips belajar ini kelihatan sulit, namun sangat dianjurkan bila Anda mulai kesusahan atau bosan denganc cara belajar Anda seperti biasanya. Kadang, ada juga yang merasa, sudah belajar susha payah namun nilai tetap rendah. Maka coba cara di atas, praktekkan dan lihat hasilnya. Good luck!

Baca Juga:   Tips Bekerja Prima Meski Sedang Kondisi Puasa

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More