Home TIps dan Trik Tips Belajar Bahasa Asing yang Menyenangkan dan Efektif

Tips Belajar Bahasa Asing yang Menyenangkan dan Efektif

by Diane Lowe

Bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Perancis banyak dipelajari oleh masyarakat di Indonesia tidak hanya karena ingin namun juga karena kebutuhan. Namun, untuk mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris, Anda harus belajar dalam jangka waktu tertentu agar fasih. Untuk belajar bahasa asing maka Anda harus menetapkan cara belajar yang menurut Anda menyenangkan misalnya dengan menonton film atau membaca buku cerita. Tips belajar utama yang harus Anda terapkan adalah komitmen untuk bisa mempelajari bahasa tersebut dalam jangka waktu tertentu sehingga Anda bisa cepat belajar.

Setelah itu pelajari mengenai kosakatanya. Cari tahu kosakata yang paling umum untuk digunakan sehingga bisa Anda gunakan untuk berbicara dalam bahasa tersebut dengan percakapan yang sederhana. Catat kosakata tersebut dalam buku khusus untuk bahasa asing Anda sehingga akan lebih memudahkan Anda untuk belajar. Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan buku bacaan anak dengan bahasa asing dan kemudian menerjemahkannya.

Ketiga adalah lakukan variasi. Tips belajar bahasa asing ini dilakukan agar Anda tidak mudah bosan saat belajar. Ada 3 jenis variasi, yaitu

  • Variasi materi, misalnya menggunakan buku, games, film, musik atau yang lainnya untuk Anda belajar agar proses belajar menjadi lebih efektif.
  • Variasi kegiatan yang tidak hanya mendengarkan namun juga menulis dan membaca serta belajar untuk berbicara. Dengan cara tersebut, Anda bisa berbahasa asing secara aktif.
  • Variasi posisi misalnya Anda bisa duduk, menari, tiduran berolahraga.

Keempat adalah mencari keterkaitan bahasa. Cara ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar beberapa bahasa sekaligus. Caranya adalah dengan mencatat di buku catatan Anda dan menuliskan bahasa utama, misal bahasa Indonesia, dan di sampingnya atau dibuat kolom untuk beberapa bahasa yang lain misalnya bahas Inggris, Perancis, Belanda, Jepang atau yang lainnya. Anda bisa juga menggunakan warna yang berbeda per bahasanya agar menarik.

Tips belajar yang lainnya yang bisa membantu Anda untuk belajar bahasa asing dengan efektif dan menyenangkan, yaitu

  • Melakukan perluasan kosakata dengan metode mnemonic. Metode tersebut dapat membantu untuk merekatkan kata atau kosakata dalam pikiran Anda menjadi lebih efektif dengan penggambaran narasi visual unik yang dapat dikaitkan dengan kata yang ingin diingat. Misalnya untuk menggambarkan ‘sosis’ yang berarti wiener dalam bahasa Jerman, Anda bisa membayangkan orang di podium juara setelah memenangkan lomba untuk makan sosis.
  • Mendengarkan lalu mencoba untuk berbicara seperti yang Anda dengarkan. Cara ini bisa efektif untuk Anda yang ingin mengerti dan mudah untuk berbicara dalam bahasa asing dalam waktu singkat.
  • Jaga kuantitas belajar. Panduannya, pahami teksnya, lalu belajar 1-3 kali sehari secara berkala, jadwalkan periode belajar yang efektif dan hindari jam dimana Anda mudah mengantuk, fokus belajar.

 

Baca Juga:   Belanja Harbolnas 2017 Bukalapak dengan Kartu Kredit? Waspadai Resikonya Berikut Ini!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More